Kalam Hikmah

Jumat, 25 Maret 2011

Hukum Ghosob.

Pinjam sendalnya sebentar mas.Mau ke warung depaan..belum dapat ijin saparudin sudah menggondol sendal jepit new era milik jarwo..nyolongkah saparudin? kalau iya berarti dipotong dong tangan sisaparudin..kalau bukan apa dong namanya? yah Ghosob atau dalam bhs jawa nggasap..Pekerjaan yg satu emang enak dan seakan sudah menjadi kebiasaan anak2 asrama dimanapun..tapi tau gak sih hukum Ghosob..apa beda Mencuri dan Nggasap? mau tau jawabanya hehehe.. kalau nyuri ngambilnya ditempat biasa naruh barang dan niat pengambil tdk akan mengembalikan..tapi kalau ghosop dimana saja ngambilnya dan ada niatan buat ngembalikan, trus hukumnya gmana? dosakah halalkah? enaknya mana hayo...? yg jelas dalam kitab fiqih dijelaskan ghosob hukumnya dosa dan barang siapa yg melakukanya dan barangnya rusak maka dia wajib mengganti dengan harga barang dihari dia ghosob..mangkanya mending pinjam kan daripada ghosob...atau beli sendiri aja deh gak ribet hehehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ok