Advertisement

SK dan KD BAHASA ARAB Untuk Tsanawiyah

MADRASAH TSANAWIYAH

a. Kelas VII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak

Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
التعارف - المدرسة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
التعارف - المدرسة
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
2. Berbicara

Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
التعارف - المدرسة
2.1 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
3. Membaca

Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah






3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
التعارف - المدرسة
2.1 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
2.2 Menemukan makna, gagasan atau pikiran
dari wacana tertulis sederhana tentang:
التعارف - المدرسة
4. Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah


4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang
التعارف - المدرسة
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara
ertulis dalam kalimat sederhana tentang
التعارف – المدرسة
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat
(مبتدأ + خبر ), dengan مبتدأ yang meliputi: (ضمير مفرد، إشارة مفرد) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan
أدوات جرّ



b. Kelas VII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.



1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
البيت - الأسرة - العنوان

1.1 Menemukan informasi dari wacana lisan
sederhana tentang :
البيت - الأسرة - العنوان
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal


2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
البيت - الأسرة - العنوان
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
البيت - الأسرة - العنوان


3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان



3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran
dari wacana tertulis sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
4.3 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
البيت - الأسرة - العنوان
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
خبر مقدم - مبتدأ مؤخر - نعت - خبر (فعل مضارع للمفرد) - عدد (رقم) : 1 - 100



c. Kelas VIII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah












1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

2.3 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت

4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana tentang:
الساعة - النشاطات في المدرسة - النشاطات في البيت
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat:
جملة اسمية – مفعول به – جملة فعلية


d. Kelas VIII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
الهواية - المهنة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
الهواية - المهنة
1.1 Melakukan dialog sederhana tentang:
الهواية - المهنة
1.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
االهواية - المهنة
2. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
الهواية - المهنة
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
الهواية - المهنة
3. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi 3.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
الهواية - المهنة
2.3 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
الهواية - المهنة
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
( أن ، لن ، لـ ) + فعل مضارع - فعل مضارع + مصدر مؤول


e. Kelas IX, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan



1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
المناسبات الدينية
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan
sederhana tentang :
المناسبات الدينية
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
المناسبات الدينية
2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan
2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
المناسبات الدينية
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
المناسبات الدينية
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan 3.1. Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
المناسبات الدينية
3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
المناسبات الدينية
3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
المناسبات الدينية

4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang :
المناسبات الدينية
4.2Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
المناسبات الدينية
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
لا الناهية – لم – الفعل الماضي في الجملة الفعلية




f. Kelas IX, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata

1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

2. Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata 2.1. Melakukan dialog sederhana tentang :
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata
3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
wacana tertulis sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

4. Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata.
4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
tentang:
السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:

السياحة وخلق العالم – جمال المناظر الطبيعية – الحفاظ على البيئة

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
المجرد والمزيد - فعل الأمر - اسم التفضيل – الموصول



ARAH PENGEMBANGAN

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.












Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Advertisement

Advertisement