Advertisement

Proposal KKN contoh

PROPOSAL KKN STAI IHYAUL ULUM GRESIK 2017



Dasar Pemikiran
Salah satu kewajiban utama perguruan tinggi, sebagaimana yang digariskan dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, adalah pengabdian kepada Masyarakat. Kewajiban ini merupakan wujud konkret dari upaya Perguruan Tinggi untuk selalu dekat dengan, dan mngenal lebih jauh, tentang masyarakat yang nantinya akan menjadi medan perjuangan mahasiswa setelah menjadi sarjana. Harapannya, mahasiswa, sebagai salah satu komponen bangsa, tidak canggung dalam mengemban kewajibannya untuk berpartisipasi dalam kesuksesan pembangunan bangsa menuju masyarakat adil, makmur, dan bermartabat.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahsiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum (STAI IU) Gresik merupakan rangkaian kegiatan untuk menerapkan berbagai disiplin ilmu (multidsipliner) yang dikembangkan oleh STAI Ihayaul Ulum Gresik. Oleh sebab itu, program-program kerja yang nantinya akan dilaksanakan di lapangan merupakan aplikasi dan pengembangan dari apa yang didapat mahasiswa selama mengikuti perkuliahan.
Di samping itu, KKN juga merupakan bagian dari pengabdian masyarakat dan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa. Sehingga selama mengikuti program KKN, mahasiswa tidak saja belajar hidup berdampingan dengan masyarakat, tetapi yang lebih penting, mahasiswa belajar melakukan identifikasi masalah yang berkembang di masyarakat untuk selanjutnya melakukan pengolahan masalah dengan pendekatan ilmiah, sehingga dihasilkan suatu solusi yang relevan dengan kondisi masyarakat yang menjadi medan KKN, dengan menimbang segala aspek nilai, budaya, karakter yang dimiliki masyarakat tersebut.

Landasan Pelaksanaan
Landasan pelaksanaan KKN Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik adalah:
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;
Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi;
Keputusan Ketua STAI Ihyaul Ulum Nomor 017/C/5/STAI IU/2000 tentang Kegiatan Akademik;
Surat Keputusan Ketua STAI Ihyaul Ulum Gresik tanggal 21 Juli 2017 Nomor II/……../SK/STAI-IU/VII/2017.

Tema KKN
KKN STAI Ihyaul Ulum Gresik Tahun Akedemik 2016-2017 bertema “Aksentuasi pengabdian kepada masyarakat berbasis ilmu dalam rangka peningkatan sumber daya manusia”.

Tujuan KKN
Mendewasakan dan meningkatkan rasa tanggung jawab mahasiswa dalam berpikir multidisipliner agar memiliki kecakapan dan ketajaman dalam bernalar;
Memberikan latihan-latihan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam memecahkan problem kemasyarakatan secara langsung dan praktis, sehingga makin memperjelas peran mahasiswa dalam pengembangan masyarakat;
Memberikan latihan-latihan dan pengalaman kepada mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan penelitian secara praktis, utamanya tentang potensi-potensi desa;
Mempraktikkan disiplin keilmuan yang diterima selama perkuliahan kepada masyarakat.

Tempat dan Kegiatan
Kegiatan KKN mahaiswa STAI Ihyaul Ulum Gresik Tahun Akdemik 2016-2017 ditempatkan di Desa Cangaan Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Penempatan kegiatan ini didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan yang matang terkait dengan berbagai kegiatan KKN. Adapun pertimbangan teknis yang mendukung dilaksanakannya KKN di wilayah tersebut antara lain:
Lokasi wilayah yang memungkinkan dijangkau oleh peserta KKN;
Kondisi beberapa dusun di Wilayah tersebut menarik untuk diadakan program kerja mahasiswa mengingat adanya beberapa dusun yang menuntut adanya perbaikan;
Hubungan baik antara pihak STAI Ihyaul Ulum Gresik dengan masyarakat Desa Cangaan terkait dengan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

F. Bidang Kegiatan
Adapun kegiatan-kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan peserta KKN selama di lokasi, meliputi bidang-bidang sebagai berikut:
Bidang Keagamaan;
Bidang Pendidikan Islam;
Bidang Ekonomi Islam;
Bidang Sosial dan Budaya.

Waktu
Kegiatan KKN dilaksanakan mulai tanggal 07 Agustus s/d 07 September 2017.

Peserta KKN
Peserta KKN adalah mahasiswa STAI Ihyaul Ulum Gresik Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Ekonomi Islam (EKI) yang telah menempuh minimal 120 SKS. Adapun jumlah mahasiswa yang akan mengikuti KKN kurang lebih 36 orang.

Panitia
Kegiatan KKN ini diatur dalam sebuah kepanitiaan yang ditunjuk oleh Ketua STAI Ihyaul Ulum Gresik. Adapun susunan kepanitiaan sebagaimana terlampir.

Pembimbing
Demi kelanacaran kegiatan KKN, maka perlu adanya pembimbingan dari unsur-unsur yang diambil dari dalam dan luar STAI Ihyaul Ulum Gresik. Dengan demikian pembimbing kegiatan KKN ini terbagi menjadi dua:
Pembimbing Nonformal yang terdiri dari:
Pejabat Kabupaten Gresik;
Pejabat Kecamatan Dukun;
Kepala KUA Dukun;
Kepala Desa yang ditempati kegiatan KKN;
Kepala Dusun Desa yang ditempati KKN.
Pembimbing Formal yang terdiri atas para Dosen STAI Ihyaul Ulum Gresik (sebagaimana terlampir).

Jadwal
Jadwal kegiatan KKN mulai dari pra KKN hingga pasca KKN diatur sebagai berikut:
No
Kegiatan
Waktu
Tampat

1
Penjelasan Misi dan Tujuan KKN
21 Juli 2017
Kampus STAI IU

2
Analisis Kebutuhan dan Situasi Lokasi
21 Juli 2017
Kampus STAI IU

3
Pengenalan Medan
22 Juli 2017
Lokasi KKN

4
Pembekalan KKN
5-6 Agustus 2017
Kampus STAI IU

5
Praktik KKN
7 Agustus - 7 September 2017
Lokasi KKN

5
Pengumpulan Laporan KKN
7-14 September 2017
Kampus STAI IU

6
Evaluasi
14 September 2017
Kampus STAI IU


Biaya
Biaya pelaksanaan KKN diharapkan dari tiga sumber yang besarnya ditentukan oleh kebutuhan riil pelaksanaan kegiatan. Adapun ketiga sumber yang dimaksud adalah:
Dari peserta;
Dari anggaran belanja akademik STAI Ihyaul Ulum;
Dari subsidi pemerintah atau instansi swasta yang tidak mengikat.

Penutup
Pelaksanaan kegiatan KKN di Desa Cangaan Ujung Pangkah Gresik ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh STAI Ihyaul Ulum Gresik. Sangat diperlukan bantuan dari semua pihak untuk dapat menyukseskannya, baik moril maupun materiil.
       

PROPOSAL KEGIATAN
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
STAI IHYAUL ULUM GRESIK























LPPM STAI IHYAUL ULUM GRESIK
2016-2017
Next Post Previous Post

Advertisement

Advertisement