Advertisement

Khutbah (Bulan Rajab)


Rajab Bulan yang dimuliakan Allah SWT.
الحمد لله ربّ العالمين علام الغيوب المطّلع على خبايا القلوب قابل التوب وغافر الذنب لمن يستغفر ويتوب نحمده على نعمه التى تتجدّد , ومننه التى لا تحصى ولا تتحدّد والطافة التى تحف عباده وتتردّد حمدا يكون سببا في بقائها فتمدّد .
وأشهد أن لا إله إلاّالله واحده لا شريك له الواحد الأحد الذي لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد , وأشهد أنّ سيّدنا محمّدا عبده الممجّد . ورسوله المبعوث بالهدى ودين الحقّ والرّسالة السابقة صحّح وجدّد . ونفى الشبهات عن التوحيد وللعبوديّة وحد : (( قل هو الله أحد الله الصّمد )) اللّهمّ صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد سيّد المرسلين وخاتم النّبيّن وعلى أله الطّيّبين الطّاهرين وصحابته أجمعين والتّابعين لهم بإحسان إلى يوم الدّين .
أمّا بعد فيا عباد الله : أوصيكم ونفسي بتقوى الله ربّ العالمين , يا عباد الله : يقول الله تبارك وتعالى في كتابه العزيز (( إنّ عدّة الشهور عند الله إثنا عشر شهرا في كتاب الله يوم خلق السموات والأرض منها أربعة حرم ذلك الدّين القيّم فلا تظلموا فيهنّ أنفسكم )) .
Ma’syirol Muslimin Rohimakumullah,
Mari Kita tingkatkan Taqwa kita kepada Allah, SWT………………….
Kurang dari seminggu lagi kita masuk pada bulan Rajab bulan yang dikategorikan Allah dan rasulnya sebagai bulan Pilihan, sebagaimana yang nabi jelaskan dalam Sabdanya bahwa Bulan pilihan ada 4 yaitu.
(( ذو القعدة – ذو الحجّة – ومحرّم – ورجب الذي بين جمادي – وشعبان ))
Artinya: ……
Jadi bulan Rajab masuk kategori bulan yang diagungkan sejak zaman jahiliyyah sampai masuknya islam sebagaimana yang dijjelaskan oleh nabi kita, dan oleh karena bulan ini bulan baik maka dibulan ini kita harus meningkatkan amal baik kita, dan memperbanyak amal salih serta meningkatkan ketakwaan dan Intensitas sholat dzikir shodaqoh serta silaturrahim kita, di bulan ini kita juga harus menjaga agar tidak melakukan perbuatan jelek dan keji sebagaimana bunyi ayat فلا تظلموا فيهنّ أنفسكم yang artinya dan janganlah engkau dibulan ini melakukan kedholiman.
Diantara kedholiman yang harus kita tinggalkan yang kadang kala sering kita lupakan antara lain seperti (Qoti’atur Rohim) memutus tali persaudaraan, melakukan dosa seperti menyakiti hati keluarga dan tetangga serta mendzalimi teman, bahkan mendzalimi diri sendiri.
Ma’syiral Muslimin Rahimakumullah,
Perlu diketahuai segala kedzalimanan yang kita lakukan dimuka bumi akan mengakibatkan gelapnya kehidupan kita di akhirat nanti, dan jika kedzaliman dengan berbagai bentuk dan macamnya diharamkan di bulan bulan biasa, maka lebih lagi di bulan pilihan dan bulan penuh barakah ini harus lebih kita tinggalkan karena dosanya akan dilipat gandakan,
Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah,
Walaupun secara khusus Nabi kita tidak menjelaskan tentang amalan amalan baik dibulan rajab namun semua itu bisa kita ambil dari keumuman hadits yang diriwayatkan oleh sahabat albaahily :
((صم من الحرم واترك, صم من الحرم واترك,  صم من الحرم واترك,  وأشار بأصابعه الثلاثة ))
Artinya: ………
Dan hadits Albahily ini diperkuat oleh imam ahmad dan bazzaz serta imam Thabrani di dalam kitab al-kabir yang berbunyi :
((صيام ثلاثة أيّام من كلّ شهر صيام الدهر وأفطاره ))
Artinya :
Serta hadits hadits lain yang menjelaskan keutamaan puasa dihari hari biasa : seperti hari senin
Sebagaimana Sabda rasul tentang hari senin
((ذاك يوم ولدت فيه ))
((إنّه يوم تعرض فيه الأعمال أوترفع فيه الأعمال إلى ربّ العالمين فأحبّ أن يرفع عملي وأنا صائم ))
Artinya:
Oleh sebab itu jika dihari hari biasa pekerjaan pekerjaan tersebut sangat disukai oleh rasul maka dibulan rajab ini akan lebbih utama jika kita laksanakan,
Ma”syiral muslimin Rahimakumullah,
Dibulan rajab ini kita juga hendaknya memperbanyak istighfar, walaupun tidak secara khusus ada perintah memperbanyak istighfar dibulan ini namun hadits rasul banyak sekali menjelaskan bahwa rasul suka sekali membaca Istighfar. Bahkan dijelaskan beliau selalu membaca 70 kali istighfar jika beliau berada dalam majlis tertentu bahkan dalam riwayat yang lain 100kali dan bunyinya adalah
((ربّ اغفرلي وتب عليّ إنّك أنت التوّاب الحيم ))
Rasul juga bersabda :
((طوبى لمن وجد في صحيفته إستغفارا كثيرا))
Artinya: Beruntunglah orang yang dibuku amal perbuatanya banyak tercatat Istighfar.
Ma’syiral muslimin rahimakumullah.
Semua dalil dalil hadits tersebut warid secara Umum tidak husus untuk dilakukan dibulan Rajab saja namun sebagaimana yang telah kami sampaikan diawal tadi bahwa Bulan rajab adalah bulan mulya Bulan pilihan dan tidak ada halangan bagi seorang muslim untuk menghususkan ibadah pada siang atau malam bahkan pada bulan tertentu dan bisa jadi penghususan tersebut akan membawa dampak yang baik bagi dirinya sendiri agar lebih giat dalam beribadah dan demikian itu yang akan menjadikan ammalnya disukai oleh allah, karena ke Istiqomahanya.
Ma’syiral muslimin Rahimakumullah,
Allah serta Rasulnya telah menetapkan segala sesuatu didalam Alquran dan  Al-hadits namun namun terkadang semua bersifat global kalam ulama’ yang mendefinisikannya secara detail. Bahkan sebagian ulama’ memperbolehkan kita kita untuk melakukan kebaikan yang bersifat tandzim addin, walaupun sebagian yang lain ada yang lebih suka melakukan apa yang hanya ada Nash alquran dan haditsnya saja.
والله تعالى يقول وبقوله يهتدي المهتدون , فإذا قرات القران فاستعد بالله من الشيطان الرجيم  أعوذ بالله من الشيطان الجيم (( ولو انّهم فعلوا ما يوعظون به لكان خيرا لهم وأشدّ تثبيتا وإذا لأتيناهم من لدنذا اجرا عظيما ولهديناهم صراطا مستقيما ))
بارك الله لي ولكم في القران العظيم ...........
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيّئــات أعمــالنا من يهده الله فلا مضلّ له ومن يضلل فلا هــادي له ولن تجد له من دون الله وليّا ولا نصيرا
أشهد أن لا إله إلاّ الله وحده لا شــريك له , وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَلْمَبْعُوْثُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وسلّم عَلَى سيّدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. عِبَادَ الله، اِتَّقُوا اللهَ حقّ تقاته ولا تموتنّ إلاّ وأنتم مســـلمون . يقول الله تعــالى ( والعصــر ........   )
وصلّوا وسلّموا على من أكــرمه ربّه وأمــرتم بالصّلاة عليه حيث قال تعــالى  (إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا). اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سيّدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَقَرَابَتِهِ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّاتِهِ أَجْمَعِيْنَ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ.
اَللَّهُمَ أَعِـــزَّ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ ، وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوْبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ وَوَفِّقْهُمْ لِلْعَمَلِ بِمَا فِيْهِ صَلاَحُ اْلإِسْلاَمِ وَالْمُسْلِمِيْنَ.
أللَّهُمَّ أَصْلِحْ جَمِيْعَ وُلاَةَ الْمُسْلِمِيْنَ، وَانْصُرِ اْلإِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ، وَأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ وَالْمُشْرِكِيْنَ وَأَعْلِ كَلِمَتَكَ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللَّهُمَّ افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَّا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ.  ربّنا ظلمنا أنفسنا وإن لم تغفر لنا وترحمنا لنكونننّ من الخـاسرين ,اللهمّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَادْعُوْهُ يَسْتَجِبْ لَكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبر

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Advertisement

Advertisement