Penilaian Berbasis Kelas (PBK)
RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
• Deskripsi Singkat
• Pengertian Penilaian Berbasis Kelas, Prinsip Penilaian, Jenis-Jenis Penilaian
• Tujuan Pembelajaran Umum
• Setelah mengikuti diklat ini peserta mampu menjelaskan Pengertian Penilaian Berbasis Kelas, menyebutkan Prinsip Penilaian, menyebutkan Jenis-Jenis Penilaian, menjelaskan teknik pembelajaran remedial dan pengayaan
• Tujuan pembelajaran Khusus
• Manfaat pembelajaran Rencana Penilaian:
• Menjelaskan pengertian Penilaian
• Menyebutkan prinsip- prinsip dan jenis-jenis penilaian
• Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
• STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DALAM PP RI NO. 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
• PASAL 63
(1) PENILAIAN PENDIDIKAN PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TERDIRI ATAS:
a. PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK
b. PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH SATUAN PENDIDIKAN; DAN
c. PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PEMERINTAH
• PENILAIAN
• PENGERTIAN PENILAIAN
• PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
• CIRI PENILAIAN KELAS
• TEKNIK PENILAIAN
• MANFAAT HASIL PENILAIAN
• PENGERTIAN KETUNTASAN BELAJAR
• PELAPORAN
PENILAIAN
“PROSES SISTEMATIS MELIPUTI PENGUMPULAN INFORMASI (ANGKA, DESKRIPSI VERBAL), ANALISIS, INTERPRETASI INFORMASI UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN”.
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.
CIRI PENILAIAN KELAS
1. BELAJAR TUNTAS
2. OTENTIK
3. BERKESINAMBUNGAN
4. BERDASARKAN ACUAN KRITERIA / PATOKAN
5. MENGGUNAKAN BERBAGAI CARA & ALAT PENILAIAN
1. Belajar Tuntas
• Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
• “Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”.
• Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru
(John B. Carrol, A Model of School Learning)
• “Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka diajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka”
(JH. Block, B. Bloom)
2. Penilaian Otentik
• Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
• Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
• Menggunakan berbagai cara dan kriteria
• Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)
3. Berkesinambungan
Memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
• Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya)
• Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
• Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
• Ulangan Kenaikan Kelas : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap
4. Berdasar Acuan kriteria/patokan
Prestasi kemampuan peserta didik TIDAK DIBANDINGKAN dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan
5. Menggunakan Berbagai cara & alat penilaian
• Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
• Menggunakan penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri
• TEKNIK /CARA PENILAIAN
- Unjuk Kerja (Performance)
- Penugasan (Proyek/Project)
- Hasil kerja (Produk/Product)
- Tertulis (Paper & Pen)
- Portofolio (Portfolio)
- Sikap
- Diri (Self Assessment)
Unjuk Kerja (Performance) :
pengamatan terhadapa aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)
Cocok untuk :
• Penyajian lisan: keterampilan berbicara, berpidato, baca puisi, baca qur’an, menghafal, berdiskusi.
• Pemecahan masalah dalam kelompok
• Partisipasi dalam diskusi
• Menari
• Memainkan alat musik
• Olah Raga
• Menggunakan peralatan laboratorium
• Mengoperasikan suatu alat
• CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN
RATING SCALE
RATING SCALE
------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk : Beri Lingkaran pada angka yang sesuai untuk setiap kemampuan yang teramati pada waktu anak berpidato :
1 bila tidak pernah
2 bila jarang
3 bila kadang-kadang, dan
4 bila siswa selalu melakukan
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama : Rinjani
I. Ekspresi fisik (physical expression)
A. Berdiri tegak melihat pada penonton
1 2 3 4
B. Mengubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang disajikan
1 2 3 4
• CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DENGAN CHECKLIST
---------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk: Beri tanda centang (v) dibelakang huruf di mana kemampuan siswa teramati pada waktu berpidato.
----------------------------------------------------------------------------------
Nama: Rinjani
I. Ekspresi fisik (physical expression)
----- A. Berdiri tegak melihat pada penonton
----- B. Merubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang disajikan
----- C. Mata melihat kepada penonton
II. Ekspresi suara (vocal expression)
---- A. Berbicara dengan kata-kata yang jelas
---- B. Nada suaranya berubah-ubah sesuai pernyataan
yang ditekankan
---- C. Berbicara cukup keras untuk didengar penonton
III. Ekspresi verbal (verbal expression)
---- A. Memilih kata-kata yang tepat untuk menegaskan
arti
---- B. Tidak mengulang-ulang pernyataan
---- C. Menggunakan kalimat yang lengkap untuk mengutarakan suatu pikiran
---- D. Menyimpulkan pokok-pokok pikiran yang penting
• Penugasan (Proyek) :
Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu
Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu
Tugas: suatu investigasi dgn tahapan:
Ø Perencanaan
Ø Pengumpulan data
Ø Pengolahan data,
Ø Penyajian data
• PENILAIAN PROYEK
Bermanfaat menilai :
• Keterampilan menyelidiki secara umum
• Pemahaman & Pengetahuan dalam bidang tertentu
• Kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan
• Kemampuan menginformasikan subyek secara jelas
• CONTOH PENILAIAN PROYEK
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Jenjang : MA
Kelas / Semester : XI
Contoh Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk-bentuk perilaku yang muncul sebagai dampak globalisasi (konsumerisme, gaya hidup)
• Indikator :
- Mengidentifikasi bukti-bukti globalisasi di lingkungan masyarakat (mis: dalam hal periklanan, pariwisata, migrasi, telekomunikasi)
- Membuat daftar perubahan perilaku masyarakat setempat sebagai dampak globalisasi (mis: dalam hal makanan, perilaku, gaya hidup, pakaian, nilai-nilai, komunikasi, perjalanan, dan tradisi)
- Membandingkan pandangan orang tua dan anak mengenai perubahan-perubahan yang terjadi akibat pengaruh globalisasi
• Contoh Tugas Penilaian Proyek
-----------------------------------------Lakukan penelitian sederhana di lingkungan sekitar mengenai pengaruh iklan di media cetak maupun di media elektronik terhadap gaya hidup anak MA (cara berpakaian, pilihan makanan dan minuman, perilaku)
• Hasil Kerja (Produk):
Penilaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni
Penilaian Hasil Akhir dan Proses:
hasil akhir spt:
- makanan
- pakaian
- hasil karya seni: gambar, lukisan, pahatan
- barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam
proses spt:
- menggunakan teknik menggambar
- menggunakan peralatan dengan aman
- membakar kue dengan baik
• Contoh1:
TUGAS PENILAIAN PRODUK
TUGAS PENILAIAN PRODUK
-------------------------------------------------------
Tugas: buatlah rancangan model benda yang menggunakan roda
Ketentuan:
- Gambar rancangan model
- Bahan untuk model tertulis dalam rancangan
- Tentukan spesifikasi bahan untuk model
• Contoh2:
TUGAS PENILAIAN PRODUK --------------------------------------------------------
TUGAS PENILAIAN PRODUK --------------------------------------------------------
Tugas: Rancang dan buatlah mainan yang menggunakan roda.
ketentuan sebagai berikut (spesifikasi diberikan) :
jenis kayu: ………..
ukuran: …………………….
dst.
• TES TERTULIS
Memilih dan Mensuplai jawaban
Memilih dan Mensuplai jawaban
- MEMILIH JAWABAN
- Pilihan ganda
- Dua pilihan (B - S; ya - tidak)
- MENSUPLAI JAWABAN
- Isian atau melengkapi
- Jawaban singkat
- uraian
• PORTOFOLIO :
Penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis
Penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis
• Pengumpulan data melalui karya siswa
• Pengumpulan dan penilaian yang terus menerus
• Refleksi perkembangan berbagai kompetensi
• Memperlihatkan tingkat perkembangan kemajuan belajar siswa
• Bagian Integral dari Proses Pembelajaran
• Untuk satu periode
• Tujuan Diagnostik
• Hal-hal yang perlu diperhatikan:
• Siswa merasa memiliki portofolio sendiri
• Tentukan bersama hasil kerja apa yang akan dikumpulkan
• Kumpulkan dan simpan hasil kerja siswa dalam 1 map atau folder
• Beri tanggal pembuatan
• Tentukan kriteria untuk menilai hasil kerja siswa
• Minta Siswa untuk menilai hasil kerja mereka secara berkesinambungan
• Bagi yang kurang, beri kesempatan perbaiki karyanya, tentukan jangka waktunya
• Bila perlu, jadwalkan pertemuan dengan ortu
• karya-karya yang dapat dikumpulkan melalui penilaian portofolio
• Puisi
• Karangan
• Gambar / Lukisan
• Desain
• Paper
• Sinopsis
• Naskah pidato / khotbah
• Naskah Drama
• Rumus
• Doa
• Surat
• Komposisi Musik
• Teks Lagu
• Resep Makanan
• Laporan Observasi/ Penyelidikan / Eksperimen
• Dsb.
• Contoh Portofolio
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Semester
Nama Siswa : _________________ Kelas : X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu : 1 Semester
Nama Siswa : _________________ Kelas : X/1
• PENILAIAN SIKAP
Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap
Cara:
– Observasi perilaku: kerja sama, inisiatif, perhatian
– Pertanyaan langsung: tanggapan thd tatib baru
– Laporan pribadi: menulis pandangan ttg “kerusuhan antaretnis”.
• Contoh Format Penilaian Sikap dalam praktek IPA :
• PENILAIAN DIRI
Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses, tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
• CONTOH PENILAIAN DIRI
• ALUR PELAKSANAAN PENILAIAN
• MENETAPKAN INDIKATOR
• MEMETAKAN SK, KD, INDIKATOR DAN KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR
• MENETAPKAN TEKNIK PENILAIAN
• MEMBUAT ALAT PENILAIAN & PENYEKORAN
• CONTOH FORMAT PEMETAAN
• CONTOH REKAP NILAI
MATA PELAJARAN :
KELAS/SEMESTER :
MATA PELAJARAN :
KELAS/SEMESTER :
• MANFAAT HASIL PENILAIAN
• REMEDIAL
• PENGAYAAN
• PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN
• KAPAN?
• REMEDIAL
DILAKUKAN BILA NILAI INDIKATOR KURANG DARI NILAI KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR
• PENGAYAAN
DILAKUKAN BILA TUNTAS LEBIH CEPAT
• PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN
BILA TIDAK EFEKTIF
• KETUNTASAN BELAJAR
• PER INDIKATOR
• KRITERIA: 0% – 100%
• IDEAL: 75%
• SEKOLAH MENETAPKAN SENDIRI DGN PERTIMBANGAN:
KEMAMPUAN AKADEMIS SISWA, KOMPLEKSITAS INDIKATOR, DAYA DUKUNG : GURU, SARANA
• TUNTAS: SKOR ≥ KRITERIA KETUNTASAN
• TUNTAS INDIKATOR → KD → SK→ MAPEL
• CONTOH PENGHITUNGAN KETUNTASAN BELAJAR
• CONTOH PENGHITUNGAN NILAI KD
DALAM 1 KD
• JML INDIKATOR YG TUNTAS LEBIH DARI 50%: LANJUT KE KD BERIKUTNYA
• JML INDIKATOR BELUM TUNTAS SAMA ATAU LEBIH DARI 50% MENGULANG KD YANG SAMA
• PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL
• TATAP MUKA DENGAN GURU
• BELAJAR SENDIRI → dinilai
• KEGIATAN: MENJAWAB PERTANYAAN, MEMBUAT RANGKUMAN, MENGERJAKAN TUGAS, MENGUMPULKAN DATA.
• PADA ATAU DI LUAR JAM EFEKTIF
• PROGRAM PENGAYAAN :
• SISWA BERPRESTASI BAIK
• MEMPERKAYA KOMPETENSI
• KEGIATAN :
MEMBERI MATERI TAMBAHAN, LATIHAN TAMBAHAN TUGAS INDIVIDUAL
• HASIL PENILAIAN MENAMBAH NILAI MATA PELAJARAN BERSANGKUTAN
• SETIAP SAAT, PADA ATAU DI LUAR JAM EFEKTIF.
• PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN
• PELAPORAN
• Rapor adalah laporan kemajuan belajar
• Berisi informasi tentang pencapaian kompetensi
• Sekolah boleh menetapkan sendiri model rapor yang dikehendaki, dengan syarat komunikatif dan menggambarkan pencapaian kompetensi.
• Model yang ada merupakan contoh yang dapat dimodifikasi/diadopsi oleh sekolah.
Selesai
• RAMBU-RAMBU
Ø KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
Ø KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Ø Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
Ø Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
Ø Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
Ø Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
1. Kompleksitas : - Tinggi
- Sedang
- Rendah
2. Daya dukung : - Tinggi
- Sedang
- Rendah
3. Intake : - Tinggi
- Sedang
- Rendah
Contoh :
Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.
• INTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA)
SISWA :
SISWA :
Ø KKM Kelas X didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN, Rapor kelas 3 SMP, test seleksi masuk atau psikotes
Ø KKM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian KKM siswa pada semester atau kelas sebelumnya
Saef_ahgaff@yahoo.co.id