Advertisement

Penilaian Berbasis Kelas (PBK)


RANCANGAN PENILAIAN HASIL BELAJAR
         Deskripsi Singkat
         Pengertian Penilaian Berbasis Kelas, Prinsip Penilaian, Jenis-Jenis Penilaian
         Tujuan Pembelajaran Umum
         Setelah mengikuti diklat ini peserta mampu menjelaskan Pengertian Penilaian Berbasis Kelas, menyebutkan Prinsip Penilaian, menyebutkan Jenis-Jenis Penilaian, menjelaskan teknik pembelajaran remedial dan pengayaan
         Tujuan pembelajaran Khusus
         Manfaat pembelajaran Rencana Penilaian:
         Menjelaskan pengertian Penilaian
         Menyebutkan prinsip- prinsip  dan jenis-jenis penilaian
         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
         STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN DALAM PP RI NO. 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
         PASAL 63
(1)   PENILAIAN PENDIDIKAN PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH TERDIRI ATAS:
            a.   PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PENDIDIK
            b.   PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH SATUAN  PENDIDIKAN; DAN
            c.   PENILAIAN HASIL BELAJAR OLEH PEMERINTAH
         PENILAIAN
         PENGERTIAN PENILAIAN
         PENGERTIAN PENILAIAN KELAS
         CIRI PENILAIAN KELAS
         TEKNIK PENILAIAN
         MANFAAT HASIL PENILAIAN
         PENGERTIAN KETUNTASAN BELAJAR
         PELAPORAN
PENILAIAN
 PROSES SISTEMATIS  MELIPUTI PENGUMPULAN INFORMASI (ANGKA, DESKRIPSI VERBAL), ANALISIS, INTERPRETASI INFORMASI UNTUK MEMBUAT KEPUTUSAN.
Proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk membuat keputusan ttg pencapaian hasil belajar/kompetensi siswa.

CIRI PENILAIAN KELAS
1. BELAJAR TUNTAS
2. OTENTIK
3. BERKESINAMBUNGAN
4. BERDASARKAN ACUAN  KRITERIA / PATOKAN
5. MENGGUNAKAN BERBAGAI CARA & ALAT PENILAIAN
1. Belajar Tuntas
         Belajar Tuntas (mastery learning): peserta didik  tidak diperkenankan mengerjakan pekerjaan berikutnya, sebelum mampu menyelesaikan pekerjaan dengan prosedur yang benar, dan hasil yang baik.
         “Jika peserta didik dikelompokkan berdasarkan tingkat kemampuannya untuk beberapa mata pelajaran dan diajarkan sesuai dengan karakteristik mereka, maka sebagian besar dari mereka akan mencapai ketuntasan”.
         Guru harus mempertimbangkan antara waktu yang diperlukan berdasarkan karakteristik peserta didik dan waktu yang tersedia di bawah kontrol guru
(John B. Carrol, A Model of School Learning)
         “Peserta didik yang belajar lambat perlu waktu lebih lama untuk materi yang sama, mereka dapat berhasil jika kompetensi awal mereka terdiagnosis secara benar dan mereka diajar dengan metode dan materi yang berurutan, mulai dari tingkat kompetensi awal mereka”
(JH. Block, B. Bloom)
2. Penilaian Otentik
         Memandang penilaian dan pembelajaran secara terpadu
         Mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah
         Menggunakan berbagai cara dan kriteria
         Holistik (kompetensi utuh merefleksikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap,)
3. Berkesinambungan
Memantau proses, kemajuan, dan   perbaikan hasil terus menerus dalam bentuk Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, Ulangan Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.
         Ulangan Harian : selesai satu atau beberapa Indikator. (tertulis, observasi, penugasan, atau lainnya) 
         Ulangan Tengah Semester : selesai beberapa Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan
         Ulangan Akhir Semester : selesai semua Kompetensi Dasar pada semester yang bersangkutan.
         Ulangan Kenaikan Kelas : selesai  semua Kompetensi Dasar pada semester ganjil dan genap, dengan penekanan pada kompetensi dasar semester genap
4. Berdasar Acuan kriteria/patokan
Prestasi kemampuan peserta didik TIDAK DIBANDINGKAN dengan peserta kelompok, tetapi dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan patokan yang ditetapkan
5. Menggunakan Berbagai cara & alat penilaian
         Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi
         Menggunakan   penilaian yang bervariasi: Tertulis, Lisan, Produk, Portofolio, Unjuk Kerja, Proyek, Pengamatan, dan Penilaian Diri
         TEKNIK /CARA PENILAIAN
  1.  Unjuk Kerja (Performance)
  2.  Penugasan (Proyek/Project)
  3.  Hasil kerja (Produk/Product)
  4.  Tertulis (Paper & Pen)
  5.  Portofolio (Portfolio)
  6.  Sikap
  7.  Diri (Self Assessment)
Unjuk Kerja (Performance) :
pengamatan terhadapa aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)


Cocok untuk :
         Penyajian lisan: keterampilan berbicara, berpidato, baca puisi, baca qur’an, menghafal, berdiskusi.
         Pemecahan masalah dalam kelompok
         Partisipasi dalam diskusi
         Menari
         Memainkan alat musik
         Olah Raga
         Menggunakan peralatan laboratorium
         Mengoperasikan suatu alat
         CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN  DENGAN
RATING SCALE
------------------------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk : Beri Lingkaran pada angka yang sesuai untuk setiap kemampuan yang teramati pada waktu anak berpidato :
                       1   bila tidak pernah
                       2   bila jarang
                       3   bila kadang-kadang, dan
                       4   bila siswa selalu melakukan
---------------------------------------------------------------------------------------------------
Nama : Rinjani
            I.          Ekspresi fisik (physical expression)
                        A. Berdiri tegak melihat pada penonton
                          1    2  3       4
                        B. Mengubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan pernyataan yang  disajikan
                        1      2  3       4
         CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN  DENGAN CHECKLIST
---------------------------------------------------------------------------------
Petunjuk: Beri tanda centang (v) dibelakang huruf di mana kemampuan siswa teramati pada waktu berpidato.
----------------------------------------------------------------------------------
Nama: Rinjani
I.          Ekspresi fisik (physical expression)
            ----- A. Berdiri tegak melihat pada penonton
            ----- B. Merubah ekspresi wajah sesuai dengan perubahan       pernyataan yang disajikan
            ----- C. Mata melihat kepada penonton
II.        Ekspresi suara (vocal expression)
            ---- A. Berbicara dengan kata-kata yang jelas
            ---- B. Nada suaranya berubah-ubah sesuai  pernyataan 
                      yang ditekankan
            ---- C. Berbicara cukup keras untuk didengar   penonton
III.       Ekspresi verbal (verbal expression)
            ---- A. Memilih kata-kata yang tepat untuk  menegaskan
                      arti
            ---- B. Tidak mengulang-ulang pernyataan
            ---- C. Menggunakan kalimat yang lengkap untuk         mengutarakan suatu pikiran
            ---- D. Menyimpulkan pokok-pokok pikiran yang        penting
         Penugasan (Proyek) :

Penilaian terhadap suatu tugas yang mengandung penyelidikan yang harus selesai dalam waktu tertentu
Tugas: suatu investigasi dgn tahapan:
Ø  Perencanaan
Ø  Pengumpulan data
Ø  Pengolahan data,
Ø  Penyajian data
         PENILAIAN PROYEK
Bermanfaat menilai :
         Keterampilan menyelidiki secara umum
         Pemahaman & Pengetahuan dalam bidang tertentu
         Kemampuan mengaplikasi pengetahuan dalam suatu penyelidikan
         Kemampuan menginformasikan subyek secara jelas
         CONTOH PENILAIAN PROYEK
            Mata Pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Sosial         
              Jenjang                                   : MA
Kelas / Semester          : XI     
Contoh Kompetensi Dasar :
menganalisis bentuk-bentuk perilaku yang muncul sebagai dampak globalisasi (konsumerisme, gaya hidup)
         Indikator :
            - Mengidentifikasi bukti-bukti globalisasi di lingkungan masyarakat (mis: dalam hal periklanan, pariwisata, migrasi, telekomunikasi)
            - Membuat daftar perubahan perilaku masyarakat setempat sebagai dampak globalisasi (mis: dalam hal makanan, perilaku, gaya hidup, pakaian, nilai-nilai, komunikasi, perjalanan, dan tradisi)
            - Membandingkan pandangan orang tua dan anak mengenai perubahan-perubahan yang terjadi akibat pengaruh globalisasi
         Contoh Tugas Penilaian Proyek
-----------------------------------------Lakukan penelitian sederhana di lingkungan sekitar mengenai pengaruh iklan di media cetak maupun di media elektronik terhadap gaya hidup anak MA (cara berpakaian, pilihan makanan dan minuman, perilaku)
         Hasil Kerja (Produk):

Penilaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni
Penilaian Hasil Akhir dan Proses: 
hasil akhir spt:
      - makanan
      - pakaian
      - hasil karya seni:  gambar, lukisan, pahatan 
      - barang-barang terbuat dari kayu, keramik, plastik, dan logam
proses spt:
      - menggunakan teknik menggambar
      - menggunakan peralatan dengan aman
      - membakar  kue dengan baik
         Contoh1:
TUGAS PENILAIAN PRODUK
-------------------------------------------------------
Tugas: buatlah rancangan model benda  yang menggunakan roda
Ketentuan:
 - Gambar rancangan model
 -  Bahan untuk model tertulis dalam rancangan
 -  Tentukan spesifikasi bahan untuk model
         Contoh2:
TUGAS PENILAIAN  PRODUK
--------------------------------------------------------
Tugas: Rancang dan buatlah mainan   yang   menggunakan roda.
ketentuan sebagai berikut (spesifikasi diberikan) :
jenis kayu: ………..
ukuran: …………………….
dst.
         TES TERTULIS
Memilih dan Mensuplai jawaban
  1. MEMILIH JAWABAN
      -  Pilihan ganda
      -  Dua pilihan (B - S; ya - tidak)
  1. MENSUPLAI JAWABAN
      -  Isian atau melengkapi
      -  Jawaban singkat
      -  uraian
         PORTOFOLIO :

Penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang  sistematis
         Pengumpulan data melalui karya siswa
         Pengumpulan dan penilaian yang terus menerus
         Refleksi perkembangan berbagai kompetensi
         Memperlihatkan tingkat perkembangan kemajuan belajar siswa
         Bagian Integral dari Proses Pembelajaran
         Untuk satu periode
         Tujuan Diagnostik
         Hal-hal yang perlu diperhatikan:
         Siswa merasa memiliki portofolio sendiri
         Tentukan bersama hasil kerja apa yang akan dikumpulkan
         Kumpulkan dan simpan hasil kerja siswa dalam 1 map atau folder
         Beri tanggal pembuatan
         Tentukan kriteria untuk menilai hasil kerja siswa
         Minta Siswa untuk menilai hasil kerja mereka secara berkesinambungan
         Bagi yang kurang, beri kesempatan perbaiki karyanya, tentukan jangka waktunya
         Bila perlu, jadwalkan pertemuan dengan ortu
         karya-karya yang dapat dikumpulkan melalui penilaian portofolio
         Puisi
         Karangan
         Gambar / Lukisan
         Desain
         Paper
         Sinopsis
         Naskah pidato / khotbah
         Naskah Drama
         Rumus
         Doa
         Surat
         Komposisi Musik
         Teks Lagu
         Resep Makanan
         Laporan Observasi/ Penyelidikan / Eksperimen
         Dsb.
         Contoh Portofolio
                                    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
                                    Alokasi Waktu : 1 Semester
Nama Siswa : _________________    Kelas : X/1
         PENILAIAN SIKAP
            Penilaian terhadap perilaku dan keyakinan  siswa terhadap obyek sikap
Cara:
        Observasi perilaku: kerja sama, inisiatif, perhatian
        Pertanyaan langsung: tanggapan thd tatib baru
        Laporan pribadi: menulis pandangan ttg “kerusuhan  antaretnis”.
         Contoh Format Penilaian Sikap dalam praktek IPA :
         PENILAIAN DIRI
Menilai diri sendiri berkaitan dengan status, proses, tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
         CONTOH PENILAIAN DIRI
         ALUR PELAKSANAAN PENILAIAN
         MENETAPKAN INDIKATOR
         MEMETAKAN SK, KD, INDIKATOR DAN KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR
         MENETAPKAN TEKNIK PENILAIAN
         MEMBUAT ALAT PENILAIAN & PENYEKORAN
         CONTOH FORMAT PEMETAAN
         CONTOH REKAP NILAI

 MATA PELAJARAN :
 KELAS/SEMESTER :
         MANFAAT HASIL PENILAIAN
         REMEDIAL
         PENGAYAAN
         PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN
         KAPAN?
         REMEDIAL 
            DILAKUKAN BILA NILAI INDIKATOR KURANG DARI NILAI KRITERIA KETUNTASAN BELAJAR
         PENGAYAAN
            DILAKUKAN BILA TUNTAS LEBIH CEPAT
         PERBAIKAN  PROGRAM & KEGIATAN
            BILA TIDAK EFEKTIF
         KETUNTASAN BELAJAR
         PER INDIKATOR
         KRITERIA: 0% – 100%
         IDEAL: 75%
         SEKOLAH MENETAPKAN SENDIRI DGN PERTIMBANGAN:
            KEMAMPUAN AKADEMIS SISWA,  KOMPLEKSITAS INDIKATOR, DAYA DUKUNG : GURU, SARANA
         TUNTAS: SKOR  ≥ KRITERIA KETUNTASAN
         TUNTAS INDIKATOR → KD → SK→ MAPEL
         CONTOH PENGHITUNGAN KETUNTASAN BELAJAR
         CONTOH PENGHITUNGAN NILAI KD
DALAM 1 KD
         JML INDIKATOR YG TUNTAS LEBIH DARI 50%: LANJUT KE KD BERIKUTNYA
         JML INDIKATOR BELUM TUNTAS SAMA ATAU LEBIH DARI 50% MENGULANG KD YANG SAMA
         PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL
         TATAP MUKA DENGAN GURU
         BELAJAR SENDIRI → dinilai
         KEGIATAN: MENJAWAB PERTANYAAN, MEMBUAT RANGKUMAN, MENGERJAKAN TUGAS, MENGUMPULKAN DATA.
         PADA ATAU DI LUAR JAM  EFEKTIF  
         PROGRAM PENGAYAAN :
         SISWA BERPRESTASI BAIK
         MEMPERKAYA KOMPETENSI
         KEGIATAN :
                        MEMBERI MATERI TAMBAHAN, LATIHAN TAMBAHAN TUGAS INDIVIDUAL
         HASIL PENILAIAN MENAMBAH NILAI MATA PELAJARAN BERSANGKUTAN
         SETIAP SAAT, PADA ATAU DI LUAR JAM EFEKTIF.
         PERBAIKAN PROGRAM & KEGIATAN
         PELAPORAN
         Rapor adalah laporan kemajuan belajar
         Berisi informasi tentang pencapaian kompetensi
         Sekolah boleh menetapkan sendiri model rapor yang dikehendaki, dengan syarat komunikatif dan menggambarkan pencapaian kompetensi.
         Model yang ada merupakan contoh yang dapat dimodifikasi/diadopsi oleh sekolah.
Selesai
         RAMBU-RAMBU
Ø  KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
Ø  KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
Ø  Nilai KKM dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100
Ø  Nilai ketuntasan belajar maksimal adalah 100
Ø  Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah nilai ketuntasan belajar maksimal
Ø  Nilai KKM harus dicantumkan dalam LHBS
C. Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk menetapkan nilai :
            1. Kompleksitas          :           - Tinggi
                                                - Sedang
                                                - Rendah 
            2. Daya dukung           :           - Tinggi
                                                - Sedang
                                                            - Rendah
            3. Intake                      :           - Tinggi
                                                            - Sedang
                                                            - Rendah
    Contoh :
              Jika indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi untuk mencapai  ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru dapat mengurangi nilai menjadi antara 90 – 80.
         INTAKE (TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA)
SISWA :
Ø  KKM Kelas X didasarkan pada hasil seleksi PSB, NUN, Rapor kelas 3 SMP, test seleksi masuk atau psikotes
Ø  KKM Kelas XI dan XII didasarkan pada tingkat pencapaian KKM siswa pada semester atau kelas sebelumnya 

Saef_ahgaff@yahoo.co.id
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Advertisement

Advertisement