Advertisement

Puisi WS RENDRA Terbaik

Puisi terakhir WS Rendra
di buat sesaat sebelum dia wafat.


Hidup   itu   seperti
UAP,  yang   sebentar
saja   kelihatan,lalu   lenyap !!Ketika   Orang   memuji
MILIKKU, laku   berkata   bahwa ini HANYA TITIPAN saja.


```Bahwa mobilku```
adalah   titipan-NYA,
```Bahwa rumahku```
adalah   titipan-NYA,
```Bahwa hartaku```
adalah   titipan-NYA,
```Bahwa putra-putriku```
hanyalah   titipan-NYA . . .

```Tapi mengapa```
```aku tidak pernah```
```bertanya,```
MENGAPA  DIA
```menitipkannya```
```kepadaku?```
UNTUK  APA  DIA
```menitipkan```
```semuanya kepadaku.```

```Dan kalau bukan```
```milikku,```
```apa yang```
```seharusnya aku```
```lakukan untuk```
```milik-NYA ini?```
```Mengapa hatiku```
```justru terasa berat,```
```ketika titipan itu```
```diminta kembali```
```oleh-NYA?```

```Malahan ketika```
```diminta kembali,```
kusebut  itu_   MUSIBAH,
kusebut  itu_   UJIAN,
kusebut  itu_   PETAKA,
kusebut  itu  apa  saja . . ._
```Untuk melukiskan,```
```bahwa semua itu```
```adalah```  DERITA . . .

```Ketika aku berdoa,```
```kuminta titipan```
```yang cocok```
```dengan```
KEBUTUHAN  DUNIAWI,
_Aku  ingin  lebih  banyak_
HARTA,
_Aku  ingin  lebih  banyak_
MOBIL,
_Aku  ingin  lebih  banyak_
RUMAH,
_Aku  ingin  lebih  banyak_
POPULARITAS,

_Dan  kutolak_  SAKIT,
_Kutolak_  KEMISKINAN,
```Seolah semua```
DERITA  ```adalah```
```hukuman bagiku.```

```Seolah```  KEADILAN
```dan```  KASIH-NYA,
```harus berjalan```
```seperti```
```penyelesaian```
```matematika dan```
```sesuai dengan```
```kehendakku.```

```Aku rajin beribadah,```
```maka selayaknyalah```
```derita itu menjauh```
```dariku.```
```Dan nikmat dunia```
```seharusnya kerap```
```menghampiriku...```

```Betapa curangnya```
```aku, Kuperlakukan```
DIA ```seolah```
_Mitra   Dagang  ku_
```dan bukan sebagai```
Kekasih !

```Kuminta``` DIA
membalas
perlakuan  baikku
```dan menolak```
```keputusan-NYA```
```yang tidak sesuai```
```dengan keinginanku..```

```Padahal setiap```
```hari kuucapkan,```
Hidup   dan   Matiku,
Hanyalah   untuk-MU

```Mulai hari ini,```
```ajari aku agar```
```menjadi pribadi```
```yang selalu```
```bersyukur dalam```
```setiap keadaan```
```dan menjadi```
```bijaksana, mau```
```menuruti```
```kehendakMU saja ya```
*ALLAH . . .*

```Sebab aku yakin...```
*ENGKAU*
```akan memberikan```
```anugerah dalam```
```hidupku...```
*KEHENDAKMU*
```adalah yang```
```ter``` *BAIK*  ```bagiku...```

```Ketika aku ingin```
```hidup```  *KAYA,*
```aku lupa,```
```bahwa```  *HIDUP*
```itu sendiri```
```adalah sebuah```
KEKAYAAN.

```Ketika aku berat```
```utk```  MEMBERI,
```aku lupa,```
```bahwa```  SEMUA
```yang aku miliki```
```juga adalah```
PEMBERIAN.

```Ketika aku ingin```
```jadi yang```
*TERKUAT,*
```....aku lupa,```
```bahwa dalam```
*KELEMAHAN,*
```Tuhan memberikan```
```aku```  *KEKUATAN.*

```Ketika aku takut```
*Rugi,*
```Aku lupa, bahwa```
*HIDUPKU*
```adalah sebuah```
*KEBERUNTUNGAN,*
```kerana```  *AnugerahNYA.*

```Ternyata hidup ini```
```sangat indah,```
```ketika kita selalu```
*BERSYUKUR*
```kepada```  *NYA*

```Bukan karena hari```
```ini```  *INDAH*
```kita```  *BAHAGIA.*
```Tetapi karena kita```
*BAHAGIA,*
```maka hari ini```
```menjadi```  *INDAH.*

```Bukan karena tak```
```ada```  *RINTANGAN*
```kita menjadi```
*OPTIMIS*.
```Tetapi karena kita```
```optimis,``` *RINTANGAN*
```akan menjadi tak```
```terasa.```

```Bukan karena```  *MUDAH*
```kita```  *YAKIN  BISA.*
```Tetapi karena kita```
*YAKIN  BISA . . !*
```semuanya menjadi```
*MUDAH.*

```Bukan karena```
```semua```  *BAIK*
```kita```  *TERSENYUM.*
```Tetapi karena kita```
*TERSENYUM,*
```maka semua menjadi```
*BAIK,*

```Tak ada hari yang```
*MENYULITKAN*
```kita, kecuali kita```
*SENDIRI*
```yang membuat```
*SULIT.*

```Bila kita tidak```
```dapat menjadi```
*Jalan  Besar,*
```cukuplah menjadi```
*JALAN  SETAPAK*
```yang dapat dilalui```
```orang,```

```Bila kita tidak```
```dapat menjadi```
*Matahari,*
```cukuplah menjadi```
*LENTERA*
```yang dapat menerangi```
```sekitar kita,```

```Bila kita tidak```
```dapat berbuat```
```sesuatu untuk```
```seseorang, maka```
 BERDOALAH
```untuk kebaikan.```

WS RENDRAKelahiran
SURAKARTA  1935.
Meninggal di DEPOK  2009.

Next Post Previous Post

Advertisement

Advertisement