Kalam Hikmah

Jumat, 08 Juni 2012

Silabus Evaluasi Pembelajaran

Silabus Mata Kuliah Evaluasi pembelajaran / Evaluasi Pencapaian Hasil Belajar

Deskripsi Mata Kuliah : Mahasiswa memahami konsep penilaian berbasis kelas, dapat mengembangkan berbagai alat ukur hasil belajar, terampil merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan melaporkan evaluasi proses dan hasil belajar.

Pertemuan Ke
Kompetensi
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Kompetensi
Rujukan
1-2
Memahami konsep penilaian berbasis kelas

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
Dapat menjelaskan:
a.   Pengertian tes, pengu-kuran, dan penilaian.
b.   Perbedaan asesmen dan  evaluasi.
c.    Tujuan, fungsi, dasar, karakteristik, prinsip, dan jenis penilaian
1.       Anderson, Lorin W. (2003). Classroom assessment, enhancing the quality of teacher decision making. Marwah: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
2.       Sumarna Surapranata dan Muhammad Hatta (2004). Penilaian portofolio, implementasi kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
3.       Suharsimi Arikunto (1991). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

3
Memahami jenis-jenis evaluasi

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
Dapat menjelaskan pengertian evaluasi penempatan, diagnostik, formatif dan sumatif
BA 1 hal 6 – 7.

4
Memahami metode evaluasi

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
Dapat menjelaskan:
a.   Pengertian tes tulis dan penilaian kinerja
b.   Karakteristik tes tulis dan penilaian kinerja
BA 4 hal 73 - 95
5
Memahami jenis alat evaluasi

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
Dapat menjelaskan jenis alat evaluasi : tes (tulis, lisan, tindakan), non-tes, dan portofolio.

BA 1 hal 321 – 346.

6
Memahami dan mampu  mengembangkan tes

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
1.       Dapat menjelaskan Jenis tes dan prosedur pengembang an tes
2.       Dapat mengembang-kan alat ukur tes
BW 3 hal 186 – 204.
7

Memahami dan mampu
mengembangkan alat evaluasi non-tes

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas (membuat kisi-kisi, menyusun butir soal, dan uji coba).
1.       Dapat menjelaskan jenis non-tes dan prosedur pengembang-an non-tes
2.       Dapat mengembang-kan alat ukur non-tes
BW 1 hal 96 – 115.
8
Menguasai kompetensi dasar pertemuan 1 – 7

Ujian Tengah Semester
Dapat mengerjakan soal atau tugas
Pertemuan 1 – 7
9


Memahami konsep dasar portofolio dan mampu
merancang alat evaluasi berupa portofolio

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan.
a.   Dapat menjelaskan Pengertian, fungsi, tujuan, prinsip, dan karakteristik portofolio.
b.   Dapat memahami tahapan penilaian menggunakan portofolio dan merancang  portofolio.
BW 2 hal 69 – 122.
10
Mampu mengadministra-sikan evaluasi belajar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
Dapat melaksanakan dan penyekoran:
a.   Tes tulis
b.   Tes lisan
c.    Tes tindakan
d.   Portofolio
e.   Non-tes
BA 1 hal 121 – 133.
BW2 hal 99 – 163.
11-13
Memahami konsep dasar dan  mampu mengana-lisis butir soal

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan (berdasar kan hasil uji coba alat ukur yang dikembangkan).
a.   Dapat menjelaskan konsep dasar validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal.
b.   Dapat melakukan analisis untuk mencari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal.

BA 2 hal 55 – 159.
14-15
Memahami proses pengolahan evaluasi belajar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan.
Mampu menjelaskan dan melaksanakan pengolahan evaluasi belajar secara perorangan dan kelompok (termasuk konversi skor).
BW 1 hal 145 – 159.
BW 2 hal 193 – 206.

16
Memahami proses pelaporan evaluasi belajar

Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan.
a.   Mampu menjelaskan proses pelaporan evaluasi belajar.
b.   Mampu membuat laporan evaluasi belajar
BW 1 hal 160 – 170.
BW 2 hal 207 – 208.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ok