Kalam Hikmah

Sabtu, 07 September 2013

Generasi muda hari ini penerus bangsa dimasa yang akan datang



 Generasi muda hari ini penerus bangsa dimasa yang akan datang

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

الحمد لله الذي جعلنا من المسلمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين واجتناب ما نهى رسوله الأمين
اللهم صل وسلم وبارك على سيد المرسلين حبيبنا وشفيعنا محمد خاتم النبيين وعلى أله وصحبه والتابعين
ثم تابع التابعين الى يوم الدين ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي المبين قالَ اللهُ تَعَالى فِي الْقُرْأنِ الْكَرِيْم
"يَرْفَعِ اللهُ الَّذِيْنَ أمَنُوْا مِنْكُمْ وَالَّذِيْنَ أُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ" اَلْأيَة، أَمَّا بَعْد:
إِلَى حَضْرَةِ مشايخي ومـــربّي روحي الشيخ .............. الكـــرام
إِلَى حَضْرَةِ اْلأَسَاتِيْذِ الْمُحْتَرَمِيْن
وَجَمِيْعِ أَصْدِقَائِي الْمَحْبُوْبِيْن اَلطَّالِبِيْن وَالطَّالِبَات،
وَيَاأَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ الأعـــزّاء.
أَوَّلًا، حَيَّ بِنَا نَشْكُرَاللهَ تعــالى ونحمده اَلَّذِي قَدْ أَعْطَانَا نِعْمَةً كَثِيْرَةً حَتَّى قَدَرْنَاعَلَى الْإِجْتِمَاع فِيْ هذَا الْوَقْتِ السَّعِيْد وَفِيْ هذَا الْمَكَانِ الْمُبَارَك إِنْ شَاءَ الله.
ثَانِيًا، اَلصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّنَا رَسُوْلِ الله مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم اَلَّذِيْ قَدْ أَسْلَمَ النّاس وأَخْرَجَهم مِنْ ظُلُمَاتِ زَمَانِ الْجَاهِلِيَّة إِلَى نُوْرِ الإِسْلَامِ المُنِيْر.
أَيُّهَا الْحَاضِرُوْن رَحِمَكُمُ الله،
فِيْ هذِهِ الْفُرْصَةِ السَّعِيْدَة، اِسْمَحُوْا لِيْ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ خُطْبَةً تَحْتَ الْمَوْضُوْع "اَلْجِيْلُ الْمُسْتَقْبَل".َقَال الْحُكَمَاء: "شُبَّانُ الْيَوْم رِجَالُ الْغَد"
إِنَّ اْلأَطْفَال وَالشُّبَّان هُمُ اْلأَجْيَالُ الَّذِيْنَ سَوْفَ يَبْدَلُوْنَ أَئِمَّةَ شُعُوْبِنَا الْيَوْم. إِنْ كَانُوْا فَاسِدِيْنَ فَفَسَادُ مُسْتَقْبَلِ الشُّعُوْب، وَكَذَالِكَ إِنْ كَانُوْا صَالِحِيْنَ فَصَالِحُ مُسْتَقْبَلِ الشُّعُوْب. حَيَّ بِنَا أَنْ نَنْظُرَ كَيْفَ عَلَّمَ الرَّسُوْل أَصْحَابَهُ طَرِيْقَ إِنْشَاءِ اُلأَوْلَاد.
نَبِيُّنَا مُحَمَّد اَلَّذِيْ فِيْهَا أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ أَمَرَ الْوَالِدِيْن أَنْ يُعْطَوْا أَوْلَادَهُمْ رِزْقًا طَيِّبًا لِيَسْتَطِيْعُوْا أَنْ يَنْشَئُوْا بِخَيْر. لِأَهَمِّيَّةِ عَمَالِيَّةِ نَشْأَةِ اْلأَوْلَاد، عَبَّرَهُمُ النَّبِي إِزْعَاجًا لِلْوَالِدِيْن. إِنْ كَانَ الْوَالِدُوْنَ يَسْتَطِيْعُوْن أَنْ يُّأَدِّبُوْهُمْ وَيَسْتَعِدُّوْهُمْ بِخَيْرٍ سَيَكُوْنُوْا أَحْسَنَ الرَّجَاء لَهُمْ وَلَوْ مَاتُوْا.
قَالَ النَّبِي: "إِذَا مَاتَ ابْنُ أدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ، صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِه أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَه" (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ).
وَكَذَالِكَ لِشَعْبِهِمْ، اَلشُّبَّانُ هُمُ اْلأَجْيَالُ الَّذِيْن تُرْجَوْنَ فِي الْمُسْتَقْبَل. هُمْ أَجْيَالُ هِمَّةِ الشَّعْبِ. اَلشُّبَّانُ يُعَيِّنُوْنِ نِهَايَةَ الشَّعْبِ فِي الْمُسْتَقْبَل، أَيَنْشَأ أَمْ يَنْقُص. بِحَيْثُ أَهَمِّيَّةِ وَظِيْفَةِ الشُّبَّان، عَبَّرَ الرَّئِيْس سُوْكَرْنُوْ: "أَعْطِنِيْ عَشْرَ الشَّبَابِ فَأُغَيِّرُ الدُّنْيَا".
أَيُّهَا الْحَاضِرُوْن رَحِمَكُمُ الله
اَلشَّيْءُ الْهَام اَلَّذِيْ يُعَيِّنُ مُسْتَقْبَلَ الشَّعْبِ هُوَ عَمَلِيَّةُ تَعْلِيْمِ الشُّبَّان. إِذَا قُمْنَا بِالطُّرُقِ الْخَطِيْئَة فِيْ تَعْلِيْمِ الشُّبَّانِ فَلَنْ يَكُوْنُوْا نُجُوْمًا مُتَنَوِّرًا بَلْ سَيَكُوْنُوْا ظُلُمَاتٍ اَلَّتِيْ تُفْسِدُ بَلَدَهُمْ.
حَيَّ بِنَا أَنْ نُأَدِّبَ أَوْلَادَنَا، نُدْخِلَهَا فِي الْمَدَارِس وَالْمَجَالِسِ التَّعْلِيْم لِأَنَّ النَّبِي قَالَ: "طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ".
وَقَالَ أَيْضًا: "أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ".
هذِهِ اْلأَمْر يَدُلُّ عَلَى أَنَّ الْوَالِدِيْن يَنْبَغِى لَهُمْ أَنْ يُحْرِصَ أَوْلَادَهُمْ عَلَى تَعَلُّمِ عُلُوْمٍ كُلِّهَا، عُلُوْمِ الدِّيْن وَ عُلُوْمِ الْعَامَّة.  تُسْتَعْمَلُ عُلُوْمُ الدِّيْن فِي الْحَيَاةِ الشُّعُوْبِيَّة وَ الْإِجْتِمَاعِيَّة، وَعُلُوْمُ الدِّيْن نَسْتَعْمِلُهَا فِي حِفْظِ قُلُوْبِنَا لِأَنْ يَسْتَقِرَّ عَلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيْم وَنَحْفَظُنَا مِنَ الْمَعَاصِى مِثْلِ الزِّنَا وَشُرْبِ الْخَمْر وَاْلأَفْعَالِ اْلأُخْرَى الْمَذْمُوْمَة.
رَضِيَ اللهُ مَقَاصِدَنَا وَهَدىنَا إِلَى الصِّرَاطِ الْمُسْتَقِيْم
وَكَفَيْتُ بِهذَا كَلَامَنَا، إِذَا وَجَدْتُمْ مِنِّي اَلْخَطَأ أَطْلُبُ الْعَفْوَ مِنْكُمْ، وَاللهُ الْمُوَفِّق إِلَى أَقْوَمِ الطَّرِيْق

وَالسَّلَاُم عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاُتُه



Assalamualaikum Wr. Wb
Segala puji bagi Allah SWT. Yang telah menjadikan kita sebagai Ummat islam Kepadanyalah kita minta pertolongan terhadap segala perkara dunia dan akherat, dan telah menjauhkan kita dari perkara yang di larang oleh RasulNYA amin...
Semoga sholawat dan salam dan keberkahan selalu tercurahkan kepada Sayyidil mursalin kekasih kita dan pemberi syafaat kita nabi penutup para nabi nabi muhammad SAW.  Dan kepada keluarga sahabat serta pengikutnya sampai hari kiamat, dan tiada daya dan kekuatan kecuali milik Allah SWT.
Allah SWT telah berfirman dalam Al-quran : “ Allah mengangkat derajat orang orang yang beriman diantara kamu dan yang diberilmu diantara kalian “  Selanjutnya :
Yang terhormat para Kiai dan pendidik kami khususnya Kiai ........................... yang kami mulyakan
Bapak/Ibu guru kami yang kami hormati
Dan semua teman teman yang kami cintai
Seluruh hadirin yang terhormat.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah SWT. Yang telah memberi nikmat yang banyak sekali sehingga kita bisa berkumpul di saat yang bahagia ini dan ditempat yang penuh barokah ini,
Sholawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada nabi besar muhammad SAW. Yang telah membawa syiar islam kepada kita dan telah mengeluarkan kita darri jalan yang gelap jaman jahiliyyah kejalan yang terang yaitu jalan islam.
Para hadirin yang dimuliakan Allah, disaat yang bahagia ini ijinkan saya untuk menyampaikan pidato dengan judul “ Generasi Mendatang”  para hadirin seorang penyair mengatakan “ Pemuda hari ini adalah penerus bangsa dimasa yang akan datang “
Para pemuda pemudi mereka adalah para penerus yang akan mengganti melanjutkan perjuangan para pendahulunya, jika para pemuda dan pemudinya rusak maka rusaklah negara dimasa yang akan datang, sebaliknya jika pemuda dan pemudi hari ini sholeh dan sholihat maka negara dimasa yang akan datang akan baik.
Para hadirin sekalian, marilah kita kembali menengok bagaimana rasul SAW. Mengajarkan para sahabatnya cara mengajar dan mendidik anak anak mereka, nabi muhammad yang merupakan suri tauladan bagi kita telah memerintahkan kepada semua orang tua agar supaya memberi makan anak anaknya makanan yang baik agar supaya anak anak mereka bisa berkembang dengan benar dan baik,  dan yang paling penting yang perlu diperhatikkan orang tua terhadap anak anaknya dalah, bagaimana supa ya anak mereka bisa menjadi apa yang bisa mereka harap harapkan walau mereka telah meninggalkan dunia, Nabi SAW bersabda : Jika bani adam meninggal maka terputuslah seluruh amal perbuatanya kecuali 3 hal  yang pertama sodaqoh jariyah kedua ilmu yang bermanfaat dan yang ketiga Anak yang saleh yang selalu mendoaakan kedua orang tua mereka ( Muttafaq alaihi)
Demikian juga dengan para pemuda , pemuda adalah harapan negara dimasa yang akan datang, Maju mundurnya negara tergantung pemudanya, saking penting nya pemuda bagi kemajuan bangsa maka presiden sukarno pernah berkata “ berikan saya !) orang pemuda maka saya akan dapat mengubah dunia ini”
Para hadirin sekalian yang dimuliakan Allah SWT.  Jika kita salah jalan dalam mendidik generasi muda maka mereka tidak akan dapat menjadi bintang yang menyala sebaliknya mereka akan menjadi perusak bagi negaranya,  oleh karenanya marilah kita selalu mengajarkan kepada anak anak kita dan memasukkan anak anak kita ke pondok pesantren sebagaimana sabda nabi muhammad SAW “ mencari ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim, nabi juga bersabda “ carilah ilmu dari buaian ibu sampai keliang lahat”  semua ini menunjukkan bahwa orang tua sangatlah berperan dalam menentukan pendidikan anak anaknya, baik ilmu umum maupun ilmu agama, ilmu umum berguna untuk kemajuan di masyarakat dan organisasi sedang ilmu agama bermanfaat dan digunakan untuk menjaga hati agar selalu tetap pada jalan Allah, jalan yang benar dan yang akan menjaga kita dari melalkukan perbuatan ma’siat seperti zina minum khomr dan perbuatan lain yang dilarang agama,  semoga Allah SWT selalu meridloi kita dan memberi hidayah kita untuk selalu berjalan dijalannya yang lurus , sekian yang dapat saya sampaikan jika ada salah kata maka kami mohonkan maaf sebesar besarnya, semoga Allah selalu menunjukkan kita jalan yang lurus...amin
Wassalamualaikum, Wr. Wb.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

ok