Tes Multiple Intelligence
swordofgod tips, Tes Multiple Intelligence oleh J. Keith Roger dinamakan juga dengan RIMITEST
TES MULTIPLE
INTELLIGENCE
Petunjuk: Isilah tiap nomor di bawah ini pada skor
yang paling sesuai dengan diri anda.
No. |
Pertanyaan |
Skor |
||||
Jarang |
Kadang |
Cukup Sering |
Sering |
Selalu |
||
1. |
Saya berhati-hati dalam mengungkapkan makna
tersirat dan tersurat dari kata-kata yang saya gunakan dalam percakapan dan tulisan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
2. |
Saya
menyukai berbagai macam jenis musik. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
3. |
Teman-teman meminta bantuan saya untuk memecahkan
soal matematika atau perhitungan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
4. |
Saya
dapat memvisualisasikan gambar dengan jelas, tepat dan tajam. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
5. |
Saya memiliki keseimbangan tubuh yang terkoordinasi
dengan baik. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6. |
Saya
memahami alasan dari segala hal yang saya percayai dan lakukan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
7. |
Saya memahami suasana hati, watak,
nilai, dan niat orang lain, meski mereka menyembunyikannya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
8. |
Saya
tertarik dengan sistem pengklasifikasian tanaman, burung, ikan, atau
serangga. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
9. |
Saya percaya diri dalam mengekspresikan
diri dalam perkataan atau tulisan, secara pribadi ataupun publik. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
10. |
Saya
memahami pengetahuan dasar musik, seperti ritme, harmoni, dan kunci-kuncinya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
11. |
Ketika memunyai masalah, saya menggunakan
logika, analisis, dan proses langkah demi langkah untuk mendapatkan
pemecahannya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
12. |
Firasat
saya sangat kuat dalam menentukan arah utara, selatan dan sebagainya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
13. |
Saya memiliki keterampilan dalam menggunakan
alat, seperti gunting, palu, kuas cat, jarum rajut, pisau bedah, tang, mainan,
dan sebagainya |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
14. |
Pemahaman
diri saya membantu dalam membuat keputusan yang bijak dalam hidup. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
15. |
Saya dapat memengaruhi orang lain untuk
memercayai, melakukan, atau menanggapi sesuatu yang sesuai dengan kepercayaan
saya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
16. |
Saya
sangat tertarik pada alam, di manapun dan kapanpun yang saya bisa temukan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
17. |
Saya akurat secara gramatikal dan
sensitif terhadap kesalahan tatabahasa. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
18. |
Saya
senang menggubah atau membuat musik atau sekadar ritme. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
19. |
Saya sangat berhati-hati dalam menerima fakta,
argumentasi, alasan, dan prinsip dari siapa pun. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
20. |
Saya
andal dalam menyatukan puzzle dan membaca
instruksi, pola, atau cetakan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
21. |
Saya ahli dalam aktivitas fisik seperti olahraga,
menari, mengorientasi letak, mengendarai kuda, bermain, memanjat, dan
lainnya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
22. |
Kemampuan
saya untuk memahami emosi diri sangat membantu saya dalam memutuskan atau menyikapi
berbagai situasi. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
23. |
Saya sangat ingin terlibat dalam profesi
yang berkaitan dengan membantu orang lain, seperti mengajar, terapis atau konseling,
atau terlibat dalam politik atau kepemimpinan keagamaan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
24. |
Saya
sangat tertarik pada segala hal mengenai ternak, perihal berkebun, dan juga
perikanan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
25. |
Saya dapat menggunakan kata-kata lisan
dan tulisan untuk memengaruhi orang lain secara efektif. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
26. |
Saya
senang menampilkan musik seperti bernyanyi atau memainkan alat musik di depan
orang banyak. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
27. |
Saya membutuhkan penjelasan saintifik
dari suatu peristiwa. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
28. |
Saya
dapat membaca atau menggunakan grafik dan peta dengan mudah dan akurat. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
29. |
Saya terampil layaknya seorang ahli elektronika,
penjahit, mekanik, tukang kayu, dan perakit. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
30. |
Saya
sadar mengenai kompleksitas perasaan saya sendiri, emosi, dan keyakinan dalam
berbagai keadaan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
31. |
Saya dapat berperan menjadi perantara efektif
dalam membantu penyelesaian masalah orang lain. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
32. |
Saya
tertarik pada pelajaran yang berkaitan dengan oseanografi, botani, entomologi,
herpetologi, ornitologi, dan zoologi. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
33. |
Saya sensitif terhadap suara, ritme, perubahan
nada, dan rima, khususnya yang ditemukan dalam puisi. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
34. |
Saya
memiliki rasa yang kuat terhadap ritme musik. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
35. |
Saya sangat ingin menjadi ahli kimia,
teknisi, ahli fisika, astronom,
atau ahli matematika. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
36. |
Saya
dapat menghasilkan gambaran visual yang jelas dalam gambar, lukisan, pahatan,
sketsa, atau peta. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
37. |
Saya mengurangi stres atau mencari
hiburan dengan aktivitas fisik seperti hiking,
berjalan santai, berolahraga, atau bersepeda |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
38. |
Saya
percaya bahwa jiwa adalah sumber utama kekuatan, perbaikan, dan motivasi. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
39. |
Saya memahami apa yang memotivasi orang lain
bahkan ketika mereka mencoba menyembunyikan motivasinya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
40. |
Saat
saya kecil, saya kagum pada serangga, tanaman, burung, daun, cecak, kumbang,
siput, dan sebagainya di alam sekitar saya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
41. |
Saya senang membaca, di manapun dan kapanpun. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
42. |
Saya
memiliki rasa yang kuat terhadap nada musikal. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
43. |
Saya menemukan kepuasan tersendiri terhadap
sesuatu yang berhubungan dengan angka. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
44. |
Saya
dapat melihat pola dan hubungan dengan pikiran. Saya dapat mengingat dan membayangkan
sesuatu, atau kemungkinan penerapannya dalam kehidupan nyata. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
45. |
Saya memiliki refleks fisik yang cepat
dan akurat serta dapat meresponnya dengan permainan, tarian, dan sebagainya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
46. |
Saya
percaya terhadap pendapat diri sendiri dan tidak dapat dengan mudah
terpengaruh oleh orang lain. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
47. |
Saya nyaman dan yakin dalam bergaul
dengan kelompok orang dalam berbagai keadaan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
48. |
Saya
memiliki keahlian dalam berkebun dan sering menjadi narasumber bagi orang
lain yang peduli terhadap lingkungan. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
49. |
Saya yakin bahasa tubuh saya merupakan
metode yang penting dalam berkomunikasi. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
50. |
Saya
terpengaruh secara emosional dan intelektual oleh berbegai jenis musik pada waktu
yang berbeda. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
51. |
Saya lebih menyukai pertanyaan dengan
jawaban “benar” dan “salah” secara pasti. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
52. |
Saya
dapat memperkirakan jarak dan ukuran secara akurat. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
53. |
Saya dapat membidik dengan tepat ketika melempar
bola, memanah, menembak, golf, bola
voli, tenis dan sebagainya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
54. |
Perasaan,
keyakinan, sikap, dan emosi saya adalah tanggung jawab saya. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
55. |
Saya memiliki lingkaran besar dalam hubungan
dekat. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
56. |
Saya
telah atau ingin menjadi ahli dalam mengenali dan mengklasifikasikan flora serta
fauna. |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
Petunjuk: Isi tiap kolom skor sesuai dengan nomor
dan nilai yang didapat dari tes di atas.
Jenis
Kecerdasan |
No. |
Skor |
No. |
Skor |
No. |
Skor |
No. |
Skor |
No. |
Skor |
No. |
Skor |
No. |
Skor |
TOTAL |
Linguistik |
1. |
|
9. |
|
17. |
|
25. |
|
33. |
|
41. |
|
49. |
|
|
Musikal |
2. |
|
10. |
|
18 |
|
26. |
|
34. |
|
42. |
|
50. |
|
|
Logika-Matematika |
3. |
|
11. |
|
19. |
|
27. |
|
35. |
|
43. |
|
51. |
|
|
Spasial |
4. |
|
12. |
|
20. |
|
28. |
|
36. |
|
44. |
|
52. |
|
|
Kinestetik |
5. |
|
13. |
|
21. |
|
29. |
|
37. |
|
45. |
|
53. |
|
|
Intrapersonal |
6. |
|
14. |
|
22. |
|
30. |
|
38. |
|
46. |
|
54. |
|
|
Interpersonal |
7. |
|
15. |
|
23. |
|
31. |
|
39. |
|
47. |
|
55. |
|
|
Naturalistik |
8. |
|
16. |
|
24. |
|
32. |
|
40. |
|
48. |
|
56. |
|
|
Skor ≤ 15
Kecerdasan ini bukan merupakan kecerdasan yang menonjol.
Anda mungkin akan menghindari kegiatan yang berhubungan dengan penggunaan kecerdasan
ini. Diperlukan usaha yang lebih untuk menjadi ahli pada kecerdasan ini.
15 < Skor
< 27
Anda nyaman dan mudah menggunakan kecerdasan ini. Anda dapat
mengaplikasikan atau bahkan tidak menggunakannya. Ketika Anda menerimanya, Anda
tidak dapat begitu menguasainya. Kegiatan yang menggunakan kecerdasan ini
mungkin akan memberikan hasil yang memuaskan. Akan tetapi, anda juga masih
membutuhkan banyak upaya.
Skor > 27
Kecerdasan tersebut merupakan kecerdasan yang paling
menonjol yang dapat dengan mudah Anda gunakan. Anda lebih dihargai dan bermanfaat
dengan menjadi ahli dalam kecerdasan ini. Keahlian akan membutuhkan sedikit usaha
saja.
Dinukil
dari makalah Kecerdasan Majemuk oleh Dr. Siti Sriyati, M.Pd (Edisi Revisi) yang
diadaptasi dari “The Rogers Indicator of Multiple Intelligences (RIMI) Test”.
© 2011
oleh J. Keith Roger, PhD, P.O. Box 127 Albion, ID 83311