Advertisement

Beda Cobaan dan Ujian

Cobaan atau Ujian?

07 Juli 2023,"Masyarakat Lumajang Jatim diberi Ujian Allah dengan datangnya Banjir Bandang dari Gunung Semeru, jembatan kalibesuk ini merupakan akses penghubung antara Lumajang dan Malang" dari ungkapan diatas sepertinya tidak ada yang salah namun jika kita fahami betul betul menurut bahasa,maka kita akan menemukan kesalahan dalam bahasa yang sangat fatal, kira kira salahnya pada apa yah?



Beda antara Cobaan dan Ujian


Banyak orang salah menggunakan lafadz cobaan dan ujian dalam mendefinisikan suatu perkara..terkadang Permasalahan hidup dikatakan ujian padahal seharusnya dikatakan cobaan.

Yuk mari kita fahami secara mendalam makna cobaan dan ujian secara kongkrit biar tidak salah kaprah.

Menurut KBBI UJIAN adalah percobaan untuk mengetahui mutu sesuatu (ketulenan, kecakapan ketahanan, dan sebagainya).

Sedangkan COBAAN adalah sesuatu yang dipakai untuk menguji (ketabahan, keimanan,dll). Cobaan dapat diartikan suatu keadaan dimana posisi seseorang yang sedang diuji oleh Allah SWT.

Dari sini kita faham setidaknya ada beberapa perbedaan antara Cobaan dan Ujian.

Cobaan dan ujian memiliki beberapa perbedaan utama:


1. Tujuan: Cobaan biasanya digunakan untuk menguji kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah hidup atau mencoba iman dan ketaatan manusia. Sementara, ujian biasanya digunakan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan seseorang dalam bidang akademik atau profesional. 


2. Hasil: Ujian biasanya menghasilkan skor tertentu yang mencerminkan prestasi seseorang. Cobaan tidak memerlukan skor atau penilaian sebagai hasilnya. 


3. Waktu: Cobaan mungkin berlangsung selama beberapa minggu, bulan, bahkan tahun. Sementara, ujian biasanya hanya berlangsung selama beberapa jam.


Semoga artikel ini dapat mencerahkan kita sekalian tentang penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Advertisement

Advertisement