Semua Tentang PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
OUTPUT DAN
OUTCOME
- Peserta yang mampu memahami berbagai cara meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas: pengertian PTK, langkah-langkah PTK, pengambilan data, pengolahan dan analisis data serta pembahasannya.
Uraian langkah-langkah
penelitian, cara pengambilan data, pengolahan dan analisis data serta pembahasannya.Pengantar
Pentingnya
guru untuk melaksanakan PTK baik untuk kepentingan peningkatan mutu
guru/pembelajaran maupun karier
MERANCANG PTK
Keharusan
Guru Membuat KTI
Penelitian
Karangan Ilmiah
Ilmiah Populer
Prasaran Seminar
Buku
Diktat
Terjemahan
SEKILAS
INFO
PENELITIKAN
TINDAKAN KELAS(PTK)
Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks
kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah pembelajaran
yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencobakan
hal-hal baru pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran.
LANJUTAN…
Berdasarkan
jumlah dan sifat perilaku para anggotanya, PTK dapat berbentuk individual dan kaloboratif,
yang dapat disebut PTK individual dan PTK kaloboratif. Dalam PTK individual seorang
guru melaksanakan PTK di kelasnya sendiri atau kelas orang lain, sedang dalam PTK
kaloboratif beberapa orang guru secara sinergis melaksanakan PTK di
kelas masing-masing dan diantara anggota melakukan kunjungan antar kelas.
KARAKTERISTIK
PTK
Sebagai berikut :
Bersifat siklis,
artinya PTK terlihat siklis-siklis (perencanaan, pemberian tindakan, pengamatan
dan refleksi), sebagai prosedur baku penelitian.
Bersifat
longitudinal, artinya PTK harus berlangsung dalam jangka waktu tertentu
(misalnya 2-3 bulan) secara kontinyu untuk memperoleh data yang
diperlukan, bukan "sekali tembak" selesai pelaksanaannya.
LANJUTAN
Bersifat
partikular-spesifik jadi tidak bermaksud melakukan generalisasi dalam
rangka mendapatkan dalil-dalil. Hasilnyapun tidak untuk digenaralisasi
meskipun mungkin diterapkan oleh orang lain dan ditempat lain yang konteksnya
mirip.
Bersifat
partisipatoris, dalam arti guru sebagai peneliti sekali gus pelaku
perubahan dan sasaran yang perlu diubah. Ini berarti guru berperan ganda, yakni
sebagai orang yang meneliti sekali gus yang diteliti pula.
Bersifat emik
(bukan etik), artinya PTK memandang pembelajaran menurut sudut pandang orang
dalam yang tidak berjarak dengan yang diteliti; bukan menurut sudut pandang
orang luar yang berjarak dengan hal yang diteliti.
LANJUTAN
Bersifat
kaloboratif atau kooperatif, artinya dalam pelaksanaan PTK selalu terjadi kerja
sama atau kerja bersama antara peneliti (guru) dan pihak lain demi
keabsahan dan tercapainya tujuan penelitian.
Bersifat
kasuistik, artinya PTK menggarap kasus-kasus spesifik atau tertentu
dalam pembelajaran yang sifatnya nyata dan terjangkau oleh guru; menggarap
masalah-masalah besar.
Menggunakan
konteks alamiah kelas, artinya kelas sebagai ajang pelaksanaan PTK tidak
perlu dimanipulasi dan atau direkayasa demi kebutuhan, kepentingan
dan tercapainya tujuan penelitian.
LANJUTAN
Mengutamakan
adanya kecukupan data yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian, bukan
kerepresentasifan (keterwakilan jumlah) sampel secara kuantitatif. Sebab
itu, PTK hanya menuntut penggunaan statistik yang sederhana, bukan yang
rumit.
Bermaksud
mengubah kenyataan, dan situasi pembelajaran menjadi lebih baik dan memenuhi
harapan, bukan bermaksud membangun teori dan menguji hipotesis.
Mengidentifikasi,
menemukan solusi, dan mengatasi masalah pembelajaran di kelas agar pembelajaran
bermutu.
Meningkatkan
dan memperkuat kemampuan guru dalam memecahkan masalah-masalah
pembelajaran dan membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang
diajarnya.
LANJUTAN
Mengeksplorasi
dan membuahkan kreasi-kreasi dan inovasi-inovasi pembelajaran (misalnya,
pendekatan, metode, strategi, dan media) yang dapat dilakukan oleh guru demi
peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran.
TUJUAN PTK adalah
Memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik
pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Memperbaiki
dan meningkatkan kinerja-kinerja
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
Mencobakan
gagasan, pikiran, kiat, cara, dan strategi baru dalam pembelajaran untuk
meningkatkan mutu pembelajaran selain kemampuan inovatif guru.
Mengeksplorasi
pembelajaran yang selalu berwawasan atau berbasis penelitian agar pembelajaran
dapat bertumpu pada realitas empiris kelas, bukan semata-mata bertumpu pada
kesan umum atau asumsi.
MANFAAT PTK
ADALAH
Menghasilkan
laporan-laporan PTK yang dapat dijadikan bahan panduan guru untuk meningkatkan
mutu pembelajaran. Selain itu hasil-hasil PTK yang dilaporkan dapat menjadi
bahan artikel ilmiah atau makalah untuk berbagai kepentingan, antara
lain disajikan dalam forum ilmiah dan dimuat di jurnal ilmiah.
Menumbuhkembangkan
kebiasaan, budaya, dan atau tradisi meneliti dan menulis artikel ilmiah di
kalangan guru. Hal ini telah ikut mendukung professionalisme dan karir
guru.
Mampu
mewujudkan kerja sama, kaloborasi, dan atau sinergi antar-guru dalam satu
sekolah atau beberapa sekolah untuk bersama-sama memecahkan masalah
pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran.
Mampu
meningkatkan kemampuan guru dalam menjabarkan kurikulum atau program
pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan konteks lokal, sekolah, dan kelas. Hal
ini memperkuat dan relevansi pembelajaran bagi kebutuhan siswa.
Dapat memupuk dan
meningkatkan keterlibatan , kegairahan, ketertarikan, kenyamanan, dan
kesenangan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas yang
dilaksanakan guru. Hasil belajar siswa pun dapat meningkatkan.
Dapat mendorong terwujudnya
proses pembelajaran yang menarik, menantang, nyaman, menyenangkan,
dan melibatkan siswa karena strategi, metode, teknik, dan atau media
yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara
sungguh-sungguh.
PRINSIP PTK
•
Tidak mengganggu KBM
•
Tidak menyita waktu
•
Metodologi andal
•
Merupakan masalah guru
•
Konsisten terhadap prosedur etika
•
Permasalahan terkait dalam misi sekolah
KESALAHAN
UMUM
Guru merasa
sudah melakukan Inovasi lewat PTK, padahal sebenarnya guru HANYA
Melakukan
apa yang seharusnya dia lakukan…. Tapi selama ini belum dilakukan..
Misalnya :
Penggunaan LK
Evaluasi aspek Afektif
PROSEDUR
PELAKSANAAN PTK
- MENYUSUN PROPOSAL PTK
- MELAKSANAKAN SIKLUS DALAM KELAS
- MENGANALISIS DATA YANG TELAH DIKUMPULKAN
- MENULISKAN LAPORAN PTK.
- Menyusun proposal PTK.
Dalam kegiatan ini perlu dilakukan kegiatan pokok
(1) mendeskripsikan dan menemukan masalah PTK dengan
berbagai metode atau cara, (2) menentukan cara pemecahan masalah PTK dengan
pendekatan, strategi, media, atau kiat tertentu, (3) memilih dan merumuskan
masalah PTK baik berupa pertanyaan atau pernyataan sesuai dengan masalah dan
cara pemecahannya,
(4) menetapkan tujuan pelaksanaan PTK sesuai dengan
masalah yang ditetapkan, (5) memilih dan menyusun persfektif, konsep, dan
perbandingan yang akan mendukung dan melandasi pelaksanaan PTK, (6) menyusun
siklus-siklus yang berisi rencana-rencana tindakan yang diyakini dapat
memecahkan masalah-masalah yang telah dirumuskan, (7) menetapkan cara
mengumpulkan data sekaligus menyusun instrumen yang diperlukan untuk menjaring
data PTK, (8) menetapkan dan menyusun cara-cara analisis data PTK.
2.MELAKSANAKAN
SIKLUS DALAM KELAS
Dalam kegiatan
ini diterapkan rencana tindakan yang telah disusun dengan variasi
tertentu sesuai dengan kondisi kelas. Selama pelaksanaan tindakan
dalam siklus dilakukan pula pengamatan dan refleksi. baik
pelaksanaan tindakan, pengamatan maupun refleksi dapat dilakukan secara
beiringan, bahkan bersamaan. Semua hal yang berkaitan dengan hal diatas
perlu dikumpulkan dengan sebaik-baiknya.
3. Menganalisis
data yang telah dikumpulkan
Antara lain tahap
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, maupun refleksi. Analisis data
ini harus disesuaikan dengan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Hasil analisis data ini dipaparkan
sebagai hasil PTK. Setelah itu, perlu dibuat kesimpulan dan rumusan
saran.
4. Menulis
laporan PTK, yang dapat dilakukan bersamaan dengan kegiatan menganalisis data.
Dalam kegiatan
ini pertama-tama perlu ditulis paparan hasil-hasil PTK. Paparan hasil PTK
ini disatukan dengan deskripsi masalah, rumusan masalah, tujuan, dan kajian
konsep atau teoritis. Inilah laporan PTK.
Bagaimana
memunculkan masalah?
UNTUK PENETAPAN
FOKUS MASALAH PTK BUATLAH BERTURUT TURUT:
LATAR BELAKANG MASALAH
IDENTIFIKASI MASALAH
ANALISA MASALAH
PERUMUSAN MASALAH
LATAR BELAKANG MASALAH
IDENTIFIKASI MASALAH
ANALISA MASALAH
PERUMUSAN MASALAH
LATARBELAKANG
MASALAH
KETIDAK PUASAN GURU DALAM PEMBELAJARAN,
GURU MERASAKAN ADANYA MASALAH DALAM KBM
KETIDAK PUASAN GURU DALAM PEMBELAJARAN,
GURU MERASAKAN ADANYA MASALAH DALAM KBM
IDENTIFIKASI
MASALAH
bertanya pada diri sendiri:
a. Apa yang sedang terjadi sekarang ?
b. Apakah yang sedang terjadi mengandung permasalahan ?
c. Apa yang dapat saya lakukan untukmengatasinya ?
bertanya pada diri sendiri:
a. Apa yang sedang terjadi sekarang ?
b. Apakah yang sedang terjadi mengandung permasalahan ?
c. Apa yang dapat saya lakukan untukmengatasinya ?
ANALISA
MASALAH
TENTUKAN PERMASALAHAN YANG SANGAT MENDESAK YANG HARUS SEGERA DIATASI DAN TENTUKAN CARA PENYELESAIANNYA
TENTUKAN PERMASALAHAN YANG SANGAT MENDESAK YANG HARUS SEGERA DIATASI DAN TENTUKAN CARA PENYELESAIANNYA
PERUMUSAN
MASALAH
JELAS
SPESIFIK
OPERASIONAL
JELAS
SPESIFIK
OPERASIONAL
Formulasi
Membuat Rumusan Masalah:
Bagaimanakah
meningkatkan ……….. Melalui ……… pada siswa kelas …… SD/MI Negeri ………?
Apakah
dengan menggunakan …….. Dapat meningkatkan ………….. Siswa kelas …………. SMP/MTs.…………..?
CERMATI
DAN SIKAPI CONTOH !!!!!
Peserta
mensikapi dan mencermati contoh yang diberikan oleh fasilitator
Bersama
peserta, fasilitator melakukan sharing tentang contoh PTK
LATAR BELAKANG
MASALAH
MEMUJI KEBERHASILAN SISWA DIKELAS
IDENTIFIKASI MASALAH
* hasil belajar siswa rendah
* guru jarang memuji
* memuji sulit dilakukan
* guru belum tahu manfaat
MASALAH
MEMUJI KEBERHASILAN SISWA DIKELAS
IDENTIFIKASI MASALAH
* hasil belajar siswa rendah
* guru jarang memuji
* memuji sulit dilakukan
* guru belum tahu manfaat
memuj
ANALISA MASALAH
MEMUJI SISWA PERLU DILAKUKAN SEBAGAI UPAYA meningkatkan kualitas belajar siswa
ANALISA MASALAH
MEMUJI SISWA PERLU DILAKUKAN SEBAGAI UPAYA meningkatkan kualitas belajar siswa
RUMUSAN MASALAH
APAKAH MEMUJI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII D
APAKAH MEMUJI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII D
Kerja
Mandiri
- Membuat Identifikasi Masalah
- Menganalisis Masalah
3. Membuat Rumusan Masalah