Silabus Evaluasi Pembelajaran
Silabus Mata Kuliah Evaluasi pembelajaran / Evaluasi Pencapaian Hasil Belajar
Deskripsi Mata Kuliah : Mahasiswa
memahami konsep penilaian berbasis kelas, dapat mengembangkan berbagai alat
ukur hasil belajar, terampil merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan
melaporkan evaluasi proses dan hasil belajar.
Pertemuan Ke
|
Kompetensi
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Kompetensi
|
Rujukan
|
1-2
|
Memahami konsep penilaian berbasis kelas
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
|
Dapat menjelaskan:
a.
Pengertian tes, pengu-kuran, dan penilaian.
b. Perbedaan asesmen dan
evaluasi.
c.
Tujuan, fungsi, dasar, karakteristik, prinsip,
dan jenis penilaian
|
1. Anderson, Lorin W. (2003). Classroom
assessment, enhancing the quality of teacher decision making. Marwah: Lawrence Erlbaum
Associates, Publishers.
2.
Sumarna Surapranata dan Muhammad Hatta (2004). Penilaian portofolio, implementasi
kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
3. Suharsimi Arikunto
(1991). Dasar-dasar evaluasi
pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara.
|
|
3
|
Memahami jenis-jenis evaluasi
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
|
Dapat menjelaskan pengertian evaluasi penempatan, diagnostik, formatif
dan sumatif
|
BA 1 hal 6 – 7.
|
|
4
|
Memahami metode evaluasi
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab,
dan pemberian tugas
|
Dapat menjelaskan:
a.
Pengertian tes tulis dan penilaian kinerja
b. Karakteristik tes tulis dan penilaian kinerja
|
BA 4 hal 73 - 95
|
|
5
|
Memahami jenis alat evaluasi
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
|
Dapat menjelaskan jenis alat evaluasi : tes (tulis, lisan, tindakan),
non-tes, dan portofolio.
|
BA 1 hal 321 – 346.
|
|
6
|
Memahami dan mampu mengembangkan tes
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab,
dan pemberian tugas
|
1. Dapat menjelaskan Jenis tes dan prosedur pengembang an tes
2.
Dapat mengembang-kan alat ukur tes
|
BW 3 hal 186 – 204.
|
|
7
|
Memahami dan mampu
mengembangkan alat evaluasi
non-tes
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas (membuat kisi-kisi,
menyusun butir soal, dan uji coba).
|
1. Dapat menjelaskan jenis non-tes dan prosedur pengembang-an
non-tes
2.
Dapat mengembang-kan alat ukur non-tes
|
BW 1 hal 96 – 115.
|
|
8
|
Menguasai kompetensi dasar
pertemuan 1 – 7
|
Ujian Tengah Semester
|
Dapat mengerjakan soal atau tugas
|
Pertemuan 1 – 7
|
|
9
|
Memahami konsep dasar portofolio dan mampu
merancang alat evaluasi berupa portofolio
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan.
|
a.
Dapat menjelaskan Pengertian, fungsi, tujuan,
prinsip, dan karakteristik portofolio.
b. Dapat memahami tahapan penilaian menggunakan portofolio dan
merancang portofolio.
|
BW 2 hal 69 – 122.
|
|
10
|
Mampu mengadministra-sikan evaluasi belajar
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab,
dan pemberian tugas.
|
Dapat melaksanakan dan
penyekoran:
a. Tes tulis
b. Tes lisan
c. Tes tindakan
d. Portofolio
e. Non-tes
|
BA 1 hal 121 – 133.
BW2 hal 99 – 163.
|
|
11-13
|
Memahami konsep dasar dan mampu
mengana-lisis butir soal
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan (berdasar kan
hasil uji coba alat ukur yang dikembangkan).
|
a.
Dapat menjelaskan konsep dasar validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal.
b.
Dapat melakukan analisis untuk mencari validitas,
reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal.
|
BA 2 hal 55 – 159.
|
|
14-15
|
Memahami proses pengolahan evaluasi belajar
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan.
|
Mampu menjelaskan dan melaksanakan pengolahan evaluasi belajar secara
perorangan dan kelompok (termasuk konversi skor).
|
BW 1 hal 145 – 159.
BW 2 hal 193 – 206.
|
|
16
|
Memahami proses pelaporan evaluasi belajar
|
Ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas/ latihan.
|
a. Mampu menjelaskan proses pelaporan evaluasi belajar.
b.
Mampu membuat laporan evaluasi belajar
|
BW 1 hal 160 – 170.
BW 2 hal 207 – 208.
|