Advertisement

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Fungsi Pendidikan Anak Usia Dini
Pemberian layanan pendidikan anak usia dini memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
Fungsi adaptasi dan sosialisasi, berperan dalam membantu anak melakukan penyesuaian diri dengan berbagai kondisi lingkungan serta menyesuaikan diri dengan keadaan dalam dirinya sendiri dan juga membantu anak agar ia memiliki Ketrampilan-ketrampilan sosial yang berguna dalam pergaulanya di masyarakat.
Fungsi Pengembangan, berkaitan dengan peranan pendidikan anak usia dini dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak. setiap unsur yang dimiliki oleh oleh anak membutuhkan suatu situasi dan lingkungan yang dapat menumbuhkembangkan potensi tersebut kearah perkembangan yang optimal sehingga menjadi potensi yang bermanfaat bagi anak itu sendiri dan lingkunganya.
Fungsi bermain, yakni peranan pendidikan anak usia dini dalam memberikan kesempatan pada anak untuk bermain. Melalui bermain anak akan senang gembira mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya.
Fungsi ekonomik, yakni bahwa pendidikan yang terencana pada anak usia dini merupakan investasi jangka panjang yang dapat menguntungkan pada setiap rentang perkembangan selanjutnya. Terlebih bagi investasi yang dilakukan berada pada masa keemasan (The Golden Age) yang akan memberikan keuntungan berlipat ganda. Secara ekonomik, investasi yang ditanamkan melalui pemenuhan fondasi sikap, perilaku dan berbagai fungsi mental pada anak usia dini akan menjadi penopang kokoh bagi pertumbuhan dan perkembangan dimasa berikutnya, melalui fondasi inilah anak-anak akan dapat menghadapi masa depanya dengan perbekalan yang cukup kuat dan banyak sehingga ia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang akan dihadapinya.
Next Post Previous Post

Advertisement

Advertisement