Advertisement

Soal pedagogik PPG

1.
Metode proyek dalam pembelajaran yang sebenarnya berawal dari pemikiran John Dewey tentang metode pemecahan masalah merupakan bentuk pengembangan yang dilakukan oleh Kilpatrick. Langkah-langkahnya metode proyek sebagai berikut: ....


a.
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian, tahap refleksi.


b.
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, pameran, tahap penilaian.


c.
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.


d.
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.

2
Tahap tindak lanjut dalam metode proyek dimaksudkan adalah .....


a.
Untuk menilai hasil kegiatan belajar (hasil proyek) yang dilakukan oleh guru dan peserta didik.


b.
Untuk memantapkan hasil kegiatan belajar dilakukan pameran, dan dapat menjadi sumber belajar bagi pelajaran lainnya.


c.
Untuk merencanakan kegiatan belajar berikutnya sehubungan dengan pencapaian kompetensi berikutnya.


d.
Untuk menetapkan tingkat keberhasilan pengerjaan proyek yang dilakukan peserta didik oleh guru.

3
Metode brainstorming dikenal juga dengan metode sumbang saran atau curah gagasan bertujuan untuk menghimpun ide, pendapat, informasi, pengalaman semua peserta didik yang sama atau berbeda. Langkah-langkah metode brain storming sebagai berikut


a.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi.


b.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, validasi, dan konklusi.


c.
Pemberian informasi, motivasi, identifikasi, verifikasi, konklusi.


d.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi, evaliasi, dan refleksi

4
Langkah metode demonstrasi meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tidakan di bawah berikut ini yang bukan termasuk dalam langkah pelaksanaan metode demonstrasi adalah .....


a.
Memulai demonstrasi dengan menarik perhatian peserta didik (sambil memperhatikan atensi peserta didik)


b.
Memberi tugas sebagi bentuk tindak lanjut dan mengadakan evaluasi terhadap demonstrasi yang telah dilakukan.


c.
Memperhatikan keadaan peserta didik, apakah semuanya mengikuti demonstrasi dengan baik


d.
Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif memikirkan lebih lanjut tentang apa yang dilihat dan didengarnya dalam bentuk mengajukan pertanyaan

5
“Ing ngarso sung tulodo, Ingmadyo mangun karso,Tutwuri Handayani” (Ki Hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...


a.
Guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi anak didiknya


b.
Guru menjadi sahabat belajar siswa


c.
Guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran


d.
Guru menjadi satu-satunya sumber belajar

6.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait tentang prinsip, proses, dan prosedur pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang


a.
Berbasis kompetensi (competence-based)


b.
Berbasis bukti (evidence basedappraisal)


c.
Berbasis manajemen sekolah (school basedmanagement)


d.
Berbasis proses (process based)

7
Kompetensi guru yang digunakan sebagai dasar PK Guru adalah tugas guru yang terkait dengan tugas pembelajaran, pembimbingan, atau tugas tambahan yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?


a.
Kompetensi profesional.


b.
Kompetensi sosial.


c.
Kompetensi pedagogik.


d.
Kompetensi kepribadian.

8
Manakah kegiatan yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?


a.
Guru memiliki rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.


b.
Guru mampu mengelola pembelajaran yang membuktikan bahwa guru dihormati oleh peserta didik.


c.
Merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.


d.
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.

9
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, peserta didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian peserta didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang peserta didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang ada. Guru mengarahkan peserta didik untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru memberikan penugasan yang dapat dilakukan di berbagai konteks lingkungan peserta didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu contoh implementasi model pembelajaran berikut


a.
Inquiri


b.
PBM (Problem Based Learning)


c.
PBL (Project Based Learing)


d.
Discovery learning

10
Yang termasuk teknik khusus dalam pembelajaran adalah .....


a.
Teknik ceramah


b.
Teknik menulis


c.
Teknik tanya jawab


d.
Teknik diskusi




Latihan Soal Pretest PPG Kompetensi Pedagogik
14 Mei 2018
Info Guru
1) Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral ….
a. Pascakonvensional
b. Interkonvensional
c. Prakonvensional
d. Konvensional
2) Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ….
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
b. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
c. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)
d. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
3) Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
a. mengaktualisasikan diri
b. mengemukakan gagasan
c. menformulasikan tindakan
d. penciptaan hubungan yang baik
4) Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ….
a. keluarga dan lingkungan masyarakat
b. intelegensi dan kognitif
c. emosional dan kepribadian
d. budaya dan pembiasaan
5) Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ….
a. penalaran pascakonvensional
b. penalaran interkonvensional
c. penalaran konvensional
d. penalaran prakonvensional
6) Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah ….
a. Menbantu siswa agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
b. Membantu siswa agar memperoleh informasi tertentu
c. Membantu siswa agar dapat memecahkan masalah pribadinya
d. Membantu siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
7) Seorang peserta didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ….
a. gangguan simbolik
b. gangguan sosial
c. kesulitan akademis
d. gangguan nonsimbolik
8) Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
a. Kognitivisme
b. Nativisme
c. Konstruktivisme
d. Humanistik
9) Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah .…
a. Humanistik
b. Sibernetik
c. Behaviorisme
d. Kontruktivisme
10) Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah ….
a. kemampuan berkomunikasi
b. kemampuan berinteraksi
c. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
d. Kemampuan untuk memecahkan masalah

Next Post Previous Post

Advertisement

Advertisement