Advertisement

Metode Pembelajaran Ala Nabi Muhammad SAW (Pertanyaan Untuk Mengetahui Kecerdasan)

Metode Pembelajaran Ala Nabi Muhammad SAW

Berikut ini adalah salah satu metode mengajar rasulullah dari kitab Rasul muallim saw. karya abu ghodah.

‘’ NABI BERTANYA KEPADA PARA SAHABATNYA UNTUK MENGETAHUI KECERDASAN DAN PENGETAHUAN MEREKA ‘’

 

Terkadang rasulullah bertanya kepada para sahabatnya tentang sesuatu yang sebenarnya sudah beliau ketahui. Beliau bertanya kepeda mereka hanyalah untuk membangkitkan potensi kepandaian dan kecerdasan mereka. Beliau mengajarkan ilmu melalui teka-teki untuk menguji pengetahuan mereka .

 Al-bukhari dan muslim meriwayatkan dari Abdullah bin umar, dia berkata: ketika kami sedang duduk –duduk bersama nabi. Didatangkanlah bagian dalam batang kurma, kemudian beliau memakannya lalu bersabda, diantara pepohonan, ada satu pohon hijau yang kebaikan dan manfaatnya sebagaimana kebaikan seorang muslim, daun-daunnya tidak berjatuhan dan tidak bertebaran, pohon itu berbuah pada setiap muslim dengan seizin rabbnya. Pohon itu seperti seorang muslim. Beritahukan kepadaku, pohon apakah itu?

 Abdullah berkata: orang-orang pun menduga itu pepohonan yang ada di gurun pasir, lalu ada yang menebak, pohon ini, atau pohon itu, sedangkan yang terbesit dalam pikiranku adalah pohon kurma, aku ingin mengatakannya, tetapi aku dapati diriku adalah orang yang paling muda di antara mereka, sehingga aku takut mengatakannya karena aku masih belia. Aku menoleh ke kanan kiri dan kudapati dari sepuluh orang yang ada, akulah yang paling muda diantara mereka. Aku juga melihat abu bakar dan umar tidak menjawab, sehingga aku pun diam.

Maka setelah kedua nya tidak berbicara, maka orang-orang berkata, pohon apakah itu wahai rasulullah? Rasulullah menjawab , yaitu pohon kurma.

 Ketika kami sudah beranjak pergi, aku berkata kepada umar, demi allah, wahai bapakku, tadi malam hatiku juga terbesit bahwa itu pohon kurma.

Umar berkata: apa yang menhalangimu untuk mengatakannya?

Aku menjawab, karena aku melihat kalian tidak menjawab. Akutidak melihatmu dan abu bakar berbicara. Sehingga aku diam.

 Umar berkata: andai kamu mengatakannya, itu lebih aku sukai dari pada aku mempunyai ini dan ini.

Diterjemahkan dari Kitab rasul Mu'allim SAW.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Advertisement

Advertisement