Advertisement

SPI Definisi Sejarah Peradaban Islam

Mata Kuliah SPI (Sejarah Peradaban Islam)

Definisi Sejarah Peradaban Islam


KATAPENGANTAR

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamu’alaikumwarohmatullahiwabarokaatuh.

Alhamdulillahi Robbil’aalamiin.Puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala atassegalarahmatdanhidayah-Nyasertanikmatsehatyangdiberikan,sehinggakamidapatmenyelesaikantugasmakalahtentangpengertiandanruanglingkupsejarahperadabanIslam dengan tepat waktu.Shalawat serta salam tercurah kepada Rasulullah Sholallahu’alaihiwassalam,yang syafa’atnyakitanantikan kelak.

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sejarah PeradabanIslam. Dalam menyelesaikan makalah ini kami mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagaipihak.Oleh karenaitu kamimenghaturkan terima kasih kepada :............ selaku dosen pengampu matakuliah Sejarah Peradaban Islam.

Teman-teman dan semua pihak yang telah memberikan kontribusinya dalam penyelesaianmakalahini.

Dengan segala kerendahan hati, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifatmembangun, agar kami dapat menyusun makalah lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca umumnya.

Gresik, 14 September 2024

Penyusun


DAFTARISI

KATAPENGANTAR i

DAFTAR ISI ii

BAB I 1

PENDAHULUAN 1

LatarBelakang 1

RumusanMasalah 1

TujuanPenulisan 1

BAB II 2

PEMBAHASAN 2

PengertianSejarah PeradabanIslam 2

Sejarah 2

Kebudayaan 2

Peradaban 3

Makna Islam 3

RuangLingkup SejarahPeradabanIslam 4

PeriodeKlasik 4

PeriodePertengahan 5

Periodemodern (1800–sekarang) zamankebangkitan umatIslam. 5

BAB III 7

PENUTUP 7

A. Kesimpulan 7

DAFTARPUSTAKA 8


BAB IPENDAHULUAN


LatarBelakang

Sejarah merupakan bagian penting dari perjalanan sebuah umat, bangsa, negara, maupun individu. Keberadaan sejarah merupakan bagian dari proses kehidupan itu sendiri.Oleh karena itu tanpa mengetahui sejarah, maka proses kehidupan tidak akan dapat diketahui.Melalui sejarah pulalah manusia dapat mengambil banyak pelajaran dari proses kehidupansuatu umat, bangsa, negara dan sebagainya. Diantara pelajaran penting yang dapat diambil dari sejarah adalah mengambil sesuatu yang baik dari umat, bangsa dan negara untuk senantiasa dilestarikan dan dikembangkan.Sedangkan terhadap hal-hal yang tidak baik, sedapat mungkin ditinggalkan dan dihindari. Sejarah juga melatih seseorang untuk menganalisa, mempergunakan nalar dalam mengaitkan antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain,mampu membaca peristiwa dan menginterpretasikannya dan dapat meramalkan peristiwa-peristiwa yang akan terjadi dengan mendasarkan pada peristiwa sejarah masa lalu. Kesimpulannya, sejarah adalah cerminan masa lalu untuk dijadikan contohdanpedoman bagi masakini dan masa yang akan datang.


RumusanMasalah

Apakah pengertian sejarah kebudayaan/ peradaban islam?

Bagaimana ruang lingkup sejarah peradaban Islam?


TujuanPenulisan

Kajian terhadap sejarah peradaban Islam merupakan suatu hal yang sangat penting dalam upaya memahami dan mengenali peran umat Islam didalam kontak sejarah kemanusiaan. Dengan pemahaman yang objektif akan dapat lebih meningkatkan kecintaanumat Islam terhadap ajaran Islam, tidak saja dalam aspek ajarannya, tetapi juga menyangkutterhadapaspekbudayanya yangsangatGlobaldankomplek.Semogamakalah SejarahPeradaban Islam ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dalam upaya meningkatkan dan memperluas wawasan tentang keilmuan di bidang sejarah.

*FatahSyukur,SejarahPeradabanIslam,(Semarang:PT.Pustaka RizkiPutra,2011), h.3. 2


BAB IIPEMBAHASAN


PengertianSejarahPeradabanIslam

Sejarah

Pengertian sejarah secara etimologi berasal dari kata Arab syajarah artinya“pohon”.Dalam bahasaI nggris peristilahan sejarah disebut history yang berarti pengetahuan tentang gejala-gejala alam, khususnya manusia yang bersifat kronologis.Sementara itu, pengetahuan serupa yang tidak kronologis diistilahkan dengan science.

Oleh karena itu dapat dipahami bahwa sejarah itu adalah aktivitas manusia yang berhubungan dengan kejadian-kejadian tertentu yang tersusun secara kronologis.Pengertian sejarah juga berarti ilmu pengetahuan yang berikhtiar untuk melukiskan ataumenjelaskanfenomenakehidupansepanjangterjadinyaperubahankarenaadanyahubungan antara manusia terhadap masyarakatnya.3Pengertian sejarah lainnya adalahyangtersusundariserangkaianperistiwamasalampaukeseluruhanpengalamanmanusia.4Dari beberapa pengertian sejarah di atas dapat diketahui bahwa sejarah ituadalah ilmu pengetahuan yang berusaha melukiskan tentang peristiwa masa lampau umatmanusia yang disusun secara kronologis untuk menjadi pelajaran bagi manusiayanghidupsekarangmaupunyangakandatang.Itulahsebabnya,dikatakanorangbahwasejarahadalah guru yangpaling bijaksana.

Kebudayaan

Kata “Kebudayaan” dalam bahasa Arab adalah alTsaqafah. Tetapi di Indonesiamasih banyak orang yang mensinonimkan dua kata “Kebudayaan” (Arab, al-Tsaqafah ;Inggris, Culture) dan“Peradaban” (Arab,al-Hadharah;Inggris, Civilization). DalamilmuAntropologisekarang,keduaistilahitudibedakan.MenurutKoentjaraningrat,kebudayaanpalingtidakmempunyaitigawujud,(1)wujudideal,yaituwujudkebudayaan sebagai suatu kompleks, ide-ide, gagasan, nilainilai, norma-norma, peraturandansebagainya,(2)wujudkelakuan,yaituwujudkebudayaansebagaisuatukompleks








2T.IbrahimAlfiandkk.,BungaRampaiMetodePenelitianSejarah(Yogyakarta:LembagaRisetIAINSunan Kalijaga, 1984), h.3.

3NourouzzamanShiddiqi,PengantarSejarahMuslim(Yogyakarta:CakraDonya.

1981),h. 7.

4SitiMaryam,dkk.,SejarahPeradabanIslam:DariMasaKlasikHinggaModern

c.3.(Yogyakarta: LESFI,2009), h.4.


3


aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat, dan (3) wujud benda, yaituwujudkebudayaansebagai bendabendahasil karya.5

Peradaban

KataperadabanadalahterjemahandarikataArabal-Hadharah.Jugaditerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan Kebudayaan. Padahal istilah peradabandipakai untuk bagian-bagian dan unsur-unsur dari kebudayaan yang halus dan indah.Peradabanseringjugadipakaiuntukmenyebutsuatukebudayaanyangmempunyaisistemteknologi,senibangunan,senirupa,sistemkenegaraandanilmupengetahuanyangmajudankompleks.6Jadikebudayaanmencakupjugaperadaban,tetapitidaksebaliknya,sebabperadabandipakaiuntukmenyebutkebudayaanyangmajudalambentukilmupengetahuan,teknologidanseni.Dalampengertiankebudayaandirefleksikankepadamasyarakatyangterkebelakang,bodoh,sedangkanperadabanterefleksikan kepada masyarakat yang sudah maju. Dalam buku ini pengertian peradabanadalahseperti disebutkandi atas.

MaknaIslam

Islam yang diturunkan di Jazirah Arab telah membawa bangsa Arab yang semulaterkebelakang,bodoh,tidakdikenaldandiabaikanolehbangsa-bangsalain,menjadibangsa yang maju dan berperadaban. Ia sangat cepat bergerak mengembangkan duniamembina suatu kebudayaan dan peradaban yang sangat penting artinya dalam sejarahmanusia hingga sekarang. Bahkan kemajuan bangsa Barat pada mulanya bersumber dariperadaban Islam yang masuk ke Eropa melalui Spanyol.7Islam memang berbeda denganagama lain. Islam bukan kebudayaan, akan tetapi menimbulkan kebudayaan. KebudayaanyangditimbulkannyadinamakankebudayaanatauperadabanIslam.8Landasan“peradabanIslam”adalah“kebudayaanIslam”terutamawujudidealnya,sementaralandasan“kebudayaanIslam”adalahagamaIslam.JadiagamaIslammelahirkankebudayaan. Kalau kebudayaan hasil cipta, rasa dan karsa manusia, maka agama Islamadalah wahyu dari Tuhan. Penulis Barat banyak yang mengidentikkan “kebudayaan” dan“peradaban” Islam dengan “kebudayaan” dan “peradaban” Arab. Untuk masa periodeklasik,pendapatitumungkindapatdibenarkan.Karena,padamasaitupusatpemerintahan hanya satu dan untuk beberapa abad sangat kuat. Peranan bangsa Arab didalamnya sangat dominan. Semua wilayah kekuasaan Islam mengunakan bahasa Arabsebagai bahasa administrasi. Akan tetapi pada masa periode pertengahan dan periodemodernsudahterdapat“kebudayaan-kebudayaan”dan“peradaban-peradaban”Islam



5 Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan (Jakarta:Gramedia,1985), h. 5.

6Ibid.,h. 10.

7Badri Yatim,Sejarah PeradabanIslam (Jakarta:PT. RajaGrafindo, 1993),h. 2.

8M.Nasir,KapitaSelekta (Bandung:NUPenerbitan W.VanHoeve,tp,th), h.4.


4


non-Arab, seperti peradaban Persia, Turki, Urdu diIndia. Peran Arabpada masa inisudah jauh menurun. Bahkan tiga kerajaan besar Islam pada periode pertengahan tidaksatupun yang dikuasai oleh bangsa Arab. Namun meskipun sejak periode pertengahansudah terdapat “kebudayaan-kebudayaan” dan “peradaban-peradaban” Islam non-Arab,semuanya masih dipersatukan oleh Islam yang menjadi landasannya. Oleh karena itu,dinamai“kebudayaan”dan“peradaban”Islam,bukan“kebudayaan”Arabdan“peradaban”Arab.


RuangLingkupSejarahPeradabanIslam

Ruang lingkup peradaban Islam dapat dilihat dari periode sejarah peradaban Islam.MenurutNourouzzamanShiddiqySejarahperadabanIslamdibagimenjaditigaperiode;pertama,periodeklasik(+650–1258M);kedua,periodepertengahan(jatuhnyaBaghdad sampai ke penghujung abad ke-17 M)dan periode modern(mulai abad ke-18sampaisekarang).SedangkanmenurutHarunNasutionSejarahperadabanIslamdibagimenjadi tigaperiode: pertama, periode klasik (650–1250 an); kedua, periode pertengahan(1250– 1800 an) dan periode modern (1800 sampai sekarang).

PeriodeKlasik

Periode Klasik merupakan masa kemajuan, keemasan dan kejayaan Islam dandibagikedalam duafase,yaitu:

Fase ekspansi,integrasidanpusatkemajuan (650–1000M).

Di masa inilah daerah Islam meluas melalui Afrika utara sampai ke Spanyol dibelahan Barat danmelalui Persia sampai ke India dibelahan Timur. Daerah-daerahitu tunduk kepada kekuasaan Islam. Di masa ini pulalah berkembang dan memuncakilmu pengetahuan, baik dalam bidang agama maupun umum dan kebudayaan sertaperadaban Islam. Di masa inilah yang menghasilkan ulama-ulama besar, seperti ImamMalik, Imam Abu Hanifah, Imam Syafi’i dan Imam Ibn Hambal dalam bidang Fiqh.Imam al-Asya’ri, Imam al-Maturidi, Wasil ibn ‘Ata’ , Abu Huzail, Al-Nazzam danAl-Jubba’idalambidangTeologi.Zunnunal-Misri,AbuYazidal-BustamidanalHallaj dalam bidang Tasawuf. Al-Kindi, al-Farabi, Ibn Sina dan Ibn Miskawaihdalam bidang Falsafat. Ibn Hayyam, al-Khawarizmi, al-Mas’udi dan al-Razi dalambidangIlmu Pengetahuan, dan lain-lainnya.9

Fasedisintegrasi(1000–1250M).

DimasainikeutuhanumatIslamdalambidangpolitikmulaipecah.KekuasaankhalifahmenurundanakhirnyaBaghdaddapatdirampasdandihancurkan







9HarunNasution,PembaharuanDalamIslam:SejarahpemikirandanGerakan(Jakarta:Bulan Bintang,1982 ), h. 12.


5


oleh Hulagu Khan di tahun 1258 M. Khalifah sebagai lambang kesatuan politik umatIslam hilang.10

PeriodePertengahan

Periodepertengahan jugadibagikedalam duafase, yaitu:

Fasekemunduran(1250–1500M).

Di masa ini desentralisasi dan disintegrasi bertambah meningkat. Perbedaanantara Sunni dan Syi’ah dan juga antara Arab dan Persia bertambah nyata kelihatan.Dunia Islam terbagi dua. Bagian Arab yang terdiri dari Arabia, Irak, Suria, Palestina,MesirdanAfrikautaraberpusatdiMesir.BagianPersiayangterdiridariBalkan,Asia kecil, Persia dan Asia tengah berpusat di Iran. Kebudayaan Persia mendesakkebudayaan Arab. Pada fase ini, di kalangan umat Islam semakin meluas pendapatbahwapintuijtihattertutup.Demikianjugatarekatdenganpengaruhnegatifnya.Perhatianpadailmupengetahuankurangsekali.UmatIslamdiSpanyoldipaksamasuk Kristen atau keluar dari daerah itu.11

Fase tiga kerajaan besar (1500 – 1700 M) dan masa kemunduran (1700 – 1800 M).TigakerajaanbesartersebutadalahkerajaanUsmanidiTurki,kerajaan

Safawi di Persia dan kerajaan Mughal di India. Kejayaan Islam pada tiga kerajaanbesar ini terlihat dalam bentuk arsitek sampai sekarang dapat dilihat di Istambul, IrandanDelhi.Perhatianpadailmupengetahuankurangsekali.Masakemunduran,KerajaanSafawidihancurkanolehserangan-seranganbangsaAfghan.KerajaanMughal diperkecil oleh pukulan-pukulan raja-raja India. Kerajaan Usmani terpukul diEropa. UmatIslam semakin mundur dan statis. Dalam pada itu, Eropa bertambahkaya dan maju. Penjajahan Barat dengan kekuatan yang dimilikinya meningkat kedunia Islam. Akhirnya Napoleon menduduki Mesir di tahun 1748 M. Saat itu Mesiradalahsalah satu pusat peradabanIslam yang terpenting.12

Periodemodern(1800–sekarang)zamankebangkitanumatIslam.

Jatuhnya Mesir ke tangan Barat menginsafkan dunia Islam akan kelemahannyadan menyadarkan umat Islam bahwa di Barat telah timbul peradaban baru yang lebihtinggi dan merupakan ancaman bagi umat Islam. Raja-raja dan para pemuka Islam mulaimemikirkan bagaimana meningkatkan mutu dan kekuatan umat Islam kembali.13Dengandemikian,keadaanmenjadiberbalikseratusdelapanpuluhderajat.Kalaudiperiodeklasik, orang Barat yang kagum melihat kebudayaan dan peradaban umat Islam, tetapi diperiode modern umat Islam yang heran melihat kebudayaan dan kemajuan Barat. KarenaumatIslamheranmelihatalat-alatilmiahsepertiteleskop,mikroskop,alat-alatuntuk



10Ibid., h.12.

11Ibid., h. 13.

12Ibid,. h. 13.

13Ibid., h. 13-14.


6


percobaan kimiawi, dan dua set alat percetakan dengan huruf Latin, Arab dan YunaniyangdibawasertaolehNapoleon.Jadi,diperiodemodernini,timbullahpemikiranpemikiran,ide-idemengapaumatIslamlemah,mundur,danbagaimanamengatasinya, dan perlu adanya pembaharuan dalam Islam. Dari uraian di atas dapatdilihat perjalanan sejarah naik turunnya peradaban Islam mulai dibentuk pada masa Nabi,mengalami pertumbuhandimasa Daulah Umaiyah Suria, dan masa puncak di masaDinastiAbbasiyahBaghdaddanDinastiUmayahSpanyol,sertamemasukimasakemundurannya pada periode pertengahan, hal itu menimbulkan kesadaran bagi umatIslamuntuk kembali bangkit di periode modern.


BAB IIIPENUTUP


A.Kesimpulan

Dari tulisan yang telah disajikan, walaupun terdapat perbedaan dalam penekanannya,namun semua sepakat bahwa studi yang dinamakan sejarah itu ialah tentang peristiwa masalalu yang tidak hanya sekedar memberi informasi tentang terjadinya suatu peristiwa, tetapijugamemberikaninterprestasiatasperistiwayangterjadidenganmelihathukumsebabakibat. Oleh karena itu, interprestasi baru mungkin terjadi disebabkan ditemukan bukti-buktibaru, apalagi karena ilmu ini mempelajari tentang manusia yang senantiasa mempunyai sifatterus berubah dengan perubahan yang sangat besar, hingga kadang-kadang sulit dipahamidisebabkanketerbatasanpengetahuan manusia.


DAFTARPUSTAKA


Nasution,S.,2013.SejarahPeradabanIslam.3penyunt.Pekanbaru:YayasanPusakaRiau.https://repository.uin-suska.ac.id/10391/1/Sejarah%20Peradaban%20Islam.pdf

Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

Advertisement

Advertisement