Advertisement

Contoh Standar operasional Satpam dan Pertamanan


STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)
KEAMANAN,KETERTIBAN DAN PERTAMANAN
MTs. IHYAUL ULUM DUKUN GRESIK


A.  TUJUAN
1.    Mewujudkan lingkungan madrasah yang aman, tertib dan nyaman.
2.    Mewujudkan keamanan, ketertiban dan keselamatan seluruh civitas akademik madrasah dalam melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar di madrasah.
3.    Mewujudkan lingkungan Madrsah yang indah dan Asri
4.    Menjadikan model pengelolaan madrasah yang aman, tertib dan nyaman.

B.  PENANGGUNG JAWAB DAN TANGGUNG JAWAB.
1.    Kepala Madrasah
a.    Mengadakan bimbingan dan pengarahan pada petugas keamanan agar dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar.
b.    Menjamin terciptanya madrasah aman, tertib dan nyaman.
c.     Menjamin terciptanya lingkungan madrasah yang Indah dan asri
d.    Mengupayakan kesejahteraan bagi seluruh petugas keamanan sesuai kemampuan.
e.    Melaporkan kondisi keamanan, ketertiban dan kenyamanan madrasah pada pengurus yayasan tiap akhir tahun.

2.    Petugas Keamanan (security).
Wajib
a.    Masuk jam 6.30-13.30
b.    Melaksanakan keamanan sesuai dengan tugas dan schedule yang telah ditetapkan.
c.     Melaporkan segala persoalan terkait dengan keamanan pada wakil dan atau kepala madrasah untuk diambil tindakan secepat dan setepat mungkin.
d.    Menjalankan tugas sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
e.    Bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka menjamin terciptanya madrasah yang aman, tertib dan nyaman.
Wajib Tambahan
a.             Merawat taman
·         Mengusulkan/mengadakan taman yang diperlukan
·         Menyiram, memangkas dan merapikan tanaman serta kegiatan lain yang berhubungan dengan pertanaman

C.  PROSEDUR/MANUAL KINERJA.
C.1. Kegiatan Rutin Setiap Hari

Waktu
Petugas
PEKERJAAN YANG HARUS DILAKUKAN
06.30-06.45
1.    Membuka pintu gerbang Utara.
2.    Menyiram dan memeriksa Taman
3.    Meletakkan alat peraga kamtib pada tempat yang sesuai.
4.    Mematikan Lampu halaman atau kelas yang masih menyala

06.45
1.    Mengatur kedatangan warga madrasah di gerbang Utara.
2.    Memfasilitasi tamu yang berkepentingan dengan warga madrasah.
3.    Memastikan setiap yang masuk ke madrasah tidak melakukan tindakan yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban.

06.45 – 07.00
1.    Menutup pintu gerbang Utara selama apel pagi/doa berlangsung.
2.    Menjaga dan memastikan kegiatan doa dalam keadaan tenang tidak terganggu oleh kegiatan lain.
3.    Mempersilakan setiap tamu dan semua warga sekolah yang datang ketika doa sedang berlangsung untuk menunggu di luar pagar.

07.00 – 09.20
1.    Berada di POS keamanan dan memastikan tidak ada siswa yang keluar atau masuk madrasah tanpa izin.
2.    Memfasilitasi tamu yang ingin bertemu dengan warga madrasah.
3.    Memastikan tidak ada gangguan terhadap kegiatan Proses Belajar Mengajar yang sedang berlangsung.
09.40 – 10.10
Istirahat
(Dengan tetap memantau kondisi kamtib)
10.10 – 13.30
1.    Berada di POS keamanan dan memastikan tidak ada siswa yang keluar atau masuk madrasah tanpa izin.
2.    Memfasilitasi tamu yang ingin bertemu dengan warga madrasah.
3.    Memastikan tidak ada gangguan terhadap kegiatan Proses Belajar Mengajar yang sedang berlangsung.
13.30
1.    Mengunci semua pintu gerbang, kecuali ada kegiatan malam hari di sekolah dengan tetap membuka sebagian gerbang Utara.
2.    Memastikan tidak ada benda atau peralatan warga sekolah yang tertinggal dalam keadaan tidak aman.
3.    Melaporkan kepada TU bila pintu kelas atau kantor terbuka dengan tidak aman
17.00
1.    Menyalakan lampu seperlunya pada malam hari.
2.    .
05.00
Mematikan lampu penerang baik di halaman atau di kelas.


C.2. Kegiatan Insidental

Waktu
Petugas
Kegiatan
Khusus / Libur Madrasah
Melakukan tindakan terkait keamanan dan ketertiban ketika ada kegiatan khusus di madrasah.
Melakukan kontrol keamanan madrasah pada saat-saat dibutuhkan
Tetap melakukan tindakan dan koordinasi terkait keamanan dan ketertiban di madrasah selama hari libur madrasah.


Keterangan :
1.    Nama Petugas : Muflikh
2.    Jika ada kepentingan …

D.  PELAPORAN
1.    Setiap hari Waka Humas. dan atau kepala madrasah mengontrol kegiatan keamanan dan ketertiban secara umum.
2.    Dalam tiap dua minggu sekali masing-masing petugas keamanan (security) melaporkan kondisi keamanan dan ketertiban kepada Kepala Madrasah untuk diadakanevaluasijika diperlukan.
3.Sewaktu-waktu ptgs keamanan (security) berkoordinasi pada kepala madrasah jika terjadi permasalahandalam penanganan kamtib di Madrasah.
4.    Kepala Madrasah dibantu waka Sarana dan Prasarana melaporkan pada pengurus yayasan mengenai pelaksanaan keamanan dan ketertiban madrasah sekurang-kurangnya satu tahun sekali.

E.  FORM TERKAIT YANG HARUS DISIAPKAN

1.    Buku tamu
2. Buku catatan keluar masuk siswa
3.  Surat pengantar keluar masuk siswa

F.  LAIN-LAIN
1.    Untuk optimalisasi dan faktor keamanan lalu lintas,  sentral pintu gerbang pindah ke Utara.
2.    Pembiayaan yang timbul akibat dari diberlakukannya SOP ini akan dikoordinasikan bersama Pihak Madrasah.
3.   SOP ini dibuat sebagai pedoman pelaksanaan dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi.

                                                                                    Dukun,22 Agustus 2018                       Kepala Madrasah

                                                                                      
                     H.Sa’dan Maftuh
                                                                             
Next Post Previous Post

Advertisement

Advertisement